Pemerintah Kabupaten Aceh Besar membersihkan pasar hewan Sibreh dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 guna mewujudkan guna menciptakan lingkungan pasar yang bersih dan sehat.

“Kegiatan aksi 1 jam memungut sampah untuk membersihkan  pasar hewan Sibreh yang kita gelar ini bersamaan dengan HPSN,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Sibreh, Minggu.

Ia menjelaskan aksi tersebut dilakukan sebagai sosialisasi pentingnya kebersihan pasar dan upaya Pemkab Aceh Besar menyiapkan lokasi pasar yang indah dan nyaman. 

Baca juga: Begini komitmen Pemko Sabang kurangi sampah plastik

Dalam aksi 1 jam memungut sampah itu, Muhammad Iswanto memimpin langsung pembersihan pasar hewan tersebut dengan menyemprotkan air bersih agar seluruh sisa sampah dapat bersih.

Muhammad Iswanto yang turut didampingi Sekda Aceh Besar Sulaimi serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan staf serta Muspika, remaja mesjid dan unsur  TNI, Polri membersihkan kawasan pasar tersebut.

Iswanto juga memantau langsung kebersihan di kawasan pasar daging, ikan dan pasar sayur di Pasar Sibreh.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Mari kita menjadi orang yang pertama tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Insya Allah keberkahan akan kita capai jika seluruh elemen dapat melakukan hal- hal yang kecil ini,” katanya.

Baca juga: Sambut HPSN 2023, Aceh bebaskan objek wisata Sabang dari sampah plastik

Ia juga menambahkan kegiatan yang digagas dirinya tersebut juga bagian upaya menciptakan pola hidup sehat dan asri di seluruh wilayah Aceh Besar.

“Saya juga mengajak seluruh pedagang dan pengunjung untuk menjaga kebersihan dan ketertiban pasar. Bila pasar bersih dan tertib, Insya Allah masyarakat kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar akan semakin ramai mengunjungi pasar Sibreh,” katanya.

Ia optimistis dengan suasana bersih dan nyaman tersebut pasar Sibreh  akan semakin maju sehingga upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat akan terwujud.

Baca juga: Merek Lokal buat karpet hasil daur ulang sampah kain fesyen

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023