Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan meraih penghargaan di bidang layanan kesehatan yakni Universal Health Coverage (UHC) Award 2023. 

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi didampingi bersama Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian yang disaksikan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin kepada Bupati Aceh Selatan Tgk Amran di Jakarta, Selasa.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan Mahmul Ahyar yang mendampingi Bupati Aceh Selatan Tgk Amran mengatakan penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada pemerintah daerah.

"Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk," katanya.

Kepesertaan tersebut, kata dia, juga sudah integrasi dengan jaminan kesehatan daerah atau jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan pemerintah daerah.

"Universal Health Coverage sendiri merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif."

"Sejak 2004, Pemerintah Indonesia telah berupaya untuk membentuk suatu system jaminan kesehatan yang mencakup seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Mahmul Ahyar mengatakan upaya yang ditempuh adalah melalui program jaminan kesehatan nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan. Pencapaian UHC melalui mekanisme asuransi sosial tersebut agar pembiayaan kesehatan dapat dikendalikan.

"Dengan demikian keterjaminan pembiayaan kesehatan menjadi pasti dan terus menerus tersedia, dengan tujuan akhir tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

Bupati Aceh Selatan Tgk Amran melalui Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Aceh Selatan Deka Harwinta mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas UHC Award 2023.

"UHC Award ini merupakan wujud kehadiran pemerintah dalam upaya memastikan ketersediaan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga prestasi ini dapat diraih."

"Semoga UHC Award ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat Aceh Selatan," kata Bupati Aceh Selatan Tgk Amran.
 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023