Universitas Malikussaleh (Unimal) mewisuda 786 wisudawan dari jenjang program studi diploma, sarjana, dan magister angkatan ke 31 tahun 2023 dan 74 mahasiswa di antaranya lulus dengan predikat kehormatan atau cumlaude.

Prosesi wisuda berlangsung di GOR ACC Kampus Uteunkot, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Rabu.

Plt Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unimal Azhari mengatakan 74 wisudawan lulus cumlaude tersebut berasal dari tujuh fakultas.

"Wisuda dilaksanakan dua hari, terbagi dalam empat sesi. Untuk sesi pertama diwisuda sebanyak 209 orang, sesi kedua 191 orang, sesi tiga 202 orang, dan sesi empat 184 orang," katanya. 

Rektor Universitas Malikussaleh Prof Herman Fithra mengatakan empat tahun terakhir mahasiswa di Unimal terus bertambah. Pada 2018 ada 13 ribu mahasiswa aktif dan saat ini sudah mencapai 23 ribu lebih. Sebagian besar adalah mahasiswa yang datang dari luar Aceh.

“Alhamdulillah, pada Mei 2023, Unimal akan menjadi badan layanan umum dan surat keputusannya sedang dalam proses yang akan ditandatangani oleh Menteri Keuangan RI. Berbagai tahapan sudah kita lalui dan mendapat nilai Unimal sangat layak jadi badan layanan umum,” katanya.

Prof Herman Fithra mengatakan hingga 2024, hampir Rp1 triliun anggaran dikucurkan membangun infrastruktur Unimal serta membiayai pendidikan 15 dosen ke berbagai negara. 

Tahun ini juga lagi ada pembangunan 15 gedung dan nantinya akan menampung lebih banyak lagi mahasiswa, kata Prof Herman Fithra menyebutkan. 

"Mohon doanya, dua gedung kuliah umum itu ada puluhan kelas yang akan dibangun yang sekarang sedang proses lelang di Kementerian PUPR. Nantinya, paling tidak ada 18 gedung baru di Unimal," kata Prof Herman.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023