Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya Nurdin, menyampaikan kalau dirinya sangat prihatin karena masih adanya sekolah yang terbengkalai dan tidak terawat di di Gampong Blang Monlung, Kecamatan Sampoiniet. 

“Kita sangat prihatin melihat kondisi sekolah yang terbengkalai tersebut, karena pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara, dan pemerintah harus bertanggung jawab untuk memberikan akses pendidikan yang layak bagi masyarakat,” kata Pj Bupati Aceh Jaya Nurdin, di Aceh Jaya, Jumat.

Sekolah tersebut terbengkalai diketahui saat dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) langsung oleh Pj Bupati Aceh Jaya, Kamis (16/3).

Nurdin menekankan segera adanya perbaikan dan pemanfaatan kembali sekolah tersebut agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh Jaya.

"Kita berupaya untuk memperbaiki dan memanfaatkan kembali sekolah yang terbengkalai di wilayah ini,” ujarnya. 

Nurdin menegaskan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat untuk berkoordinasi dengan pihak terkait dan bekerja sama dalam mengelola sekolah tersebut agar anak-anak di Gampong Blang Mon lung dan sekitarnya bisa mendapatkan akses pendidikan.

Dalam kesempatan ini, Nurdin juga memerintahkan Dinas Pendidikan Aceh Jaya untuk mengelola sekolah itu agar bisa digunakan kembali, serta juga mendesak Dinas Pendidikan Dayah untuk mempertimbangkan penggunaan menjadi tempat pelatihan atau pendidikan dayah.

"Kita bisa memanfaatkan sekolah ini untuk memberikan pelatihan atau pendidikan dayah kepada masyarakat setempat. Karena ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan kehidupan sosial di wilayah itu," katanya. 

"Saya harap semua pihak untuk dapat bekerja sama dalam membangun kembali sekolah tersebut dan meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh Jaya," demikian Nurdin. 

 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023