Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh melalui Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Agung Baitul A’la (Batu Giok), menyediakan buka puasa gratis bagi masyarakat yang berpuasa di bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah.

“Insyaa Allah, makanan dan minuman yang kita sediakan ini untuk masyarakat yang berpuasa. Semua makanan dan minuman yang kita sediakan ini nantinya gratis,” kata Wakil Ketua Badan Kemakmuran Masjid Baitul ‘Ala Kabupatan Nagan Raya, Aceh, Zulfika di Suka Makmue, Sabtu.

Menurutnya, penyediaan makanan dan minuman gratis bagi umat muslim yang berpuasa di bulan suci Ramadhan tersebut, sebagai upaya kepedulian pemerintah daerah dalam memuliakan masyarakat yang menunaikan puasa di bulan suci Ramadhan.

Baca juga: Daya tarik Masjid Al-Muttaqin Bener Meriah, ada air panas untuk berwudhu

Selain disediakan oleh pemerintah daerah, nantinya pemerintah melalui BKM Masjid Agung juga memperbolehkan masyarakat yang ingin menyumbangkan makanan dan minuman
untuk buka puasa atau pun sahur.

Selain itu, kata Zulfika, mulai tahun ini pemerintah daerah juga menggelar ibadah shalat tarawih perdana di Masjid Giok Aceh, dan rangkaiannyab juga akan diisi ceramah-ceramah singkat sebelum tarawih, tausiah setelah shalat zuhur dan kuliah singkat setelah shalat Subuh.
 

Zulfika yang juga menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Nagan Raya, mengatakan menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini, pihaknya juga turut menggelar kegiatan Tarhib Ramadan, sebagai ungkapan rasa bahagia dan senang menyambut bulan suci Ramadhan.

"Dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadan, hendaknya kita sambut dengan perasaan gembira dan penuh suka cita, karena bulan ini membawa rahmat, keberkahan dan pengampunan serta berbagai keutamaan lainnya," ujar Zulfika.

Menurutnya, sudah sepatutnya sebagai seorang muslim untuk persiapkan dirinya agar dapat memanfaatkan dan menyukseskan ibadah dalam bulan suci Ramadan dengan sebaik-baiknya dan secara semaksimal.

"Semoga kegiatan kita di bulan suci Ramadan nanti dapat diridhai oleh Allah SWT dan bernilai pahala bagi kita yang mengerjakannya," kata Zulfika.

Baca juga: Pj Gubernur resmikan masjid bantuan masyarakat Aceh di Sulbar

Teungku Ustadzi Syarsal dalam tausiah nya mengatakan kedatangan bulan suci Ramadan tinggal beberapa hari lagi, ini merupakan bulan yang diwajibkan setiap muslim untuk berpuasa serta dilipatgandakan pahalanya bagi yang berbuat kebaikan dalam bulan tersebut.

"Bulan Ramadan ini membuka kesempatan bagi kita setiap muslim untuk berbuat kebaikan dengan sebanyak-banyaknya, karena bulan ini merupakan bulan penuh berkah dan ampunan," jelasnya.

Ia mengajak para jamaah agar dalam bulan suci Ramadan nantinya, untuk dapat memakmurkan masjid baik siang maupun malam hari.

"Mari kita memperbanyak amalan dengan shalat sunnah diantaranya shalat Tarawih, witir, tadarus Al Quran, iktikaf dan lain sebagainya," pinta Tgk Ustazi
Syarsal.

Baca juga: Plafon masjid Agung Abdya mulai bolong-bolong akibat bocor

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023