Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dari Fraksi Partai Gerindra Edy Asaruddin meminta kepada PT PLN (Persero) Wilayah Aceh untuk tidak melakukan pemadaman listrik selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah.

"Kita harap listrik tidak 'byarpet' selama bulan suci Ramadhan, karena hal itu bisa meresahkan masyarakat Aceh saat menjalankan ibadah puasa baik siang maupun malam hari," kata Edy Asaruddin di Kota Langsa, Jumat sore. 

Sebab, legislator Gerindra ini menyinggung setiap bulan Ramadhan sudah menjadi kebiasaan sering padam listrik di wilayah Aceh. Pihaknya minta hal itu jangan sampai terjadi lagi. PLN harus bekerja optimal dengan memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat.

Baca juga: Pastikan kehandalan listrik selama puasa Ramadhan, ini langkah PLN Aceh

"Buat masyarakat di Aceh menjalankan ibadah puasa dengan lebih khusyuk seperti menunaikan sholat tarawih, tadarus, sahur hingga berbuka puasa sangat bergantung kepada penerangan listrik PLN," ujar anggota DPRA Dapil 7 ini.

Edy berpendapat PLN kudu menyiapkan langkah - langkah efektif kepada petugas di lapangan dalam memelihara jaringan listik dengan baik. Artinya sebelum tiba bulan Ramadhan, PLN sudah mengantisipasi agar tidak terjadi pemadaman listrik walaupun sifatnya bergilir.
 

Terkait hal ini anggota Komisi III DPRA yang akrab disapa Edo ini sudah bertemu Manager PLN UP3 Langsa Wahyu Bagus Novianto untuk menyampaikan aspirasi dari masyarakat khususnya Langsa dan Aceh Tamiang.

Baca juga: DPRA minta PLN tidak padamkan listrik saat warga di Aceh berbuka puasa

" Alhamdulillah, keluhan masyarakat direspon positif oleh pihak PLN. Pak Wahyu dan jajarannya berupaya tidak memadamkan listrik selama bulan puasa," ucap Edo.

Secara terpisah Manager PLN UP3 Langsa Wahyu Bagus Novianto menjelaskan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H, pihaknya telah melakukan berbagai strategi dan persiapan agar listrik tetap menyala 24 jam.

Adapun langkah untuk mengantisipasi pemadaman listrik, PLN Langsa telah melaksanakan apel siaga dan gelar peralatan demi menjaga kendala pasokan listrik, agar tidak mengganggu umat muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa di bulan yang masyhur penuh ampunan Allah SWT tersebut.

Baca juga: PLN Blangpidie upayakan listrik normal bulan puasa

"Dilingkungan kerja PLN UP3 Langsa terdapat 39 petugas yang siap siaga terdiri dari 206 petugas Yantek terbagi menjadi satu regu PDKB, 21 regu Yantek, 6 regu PP Yantek dan 9 regu tim rintis," jelasnya.

Menurut Wahyu petugas-petugas tersebut  tersebar di enam unit di bawah kendali UP3 Langsa dan siap menjaga ke-handalan pasokan aliran listrik.

Wahyu Bagus Novianto juga memastikan selama bulan suci Ramadhan tidak ada terjadi pemadaman listrik yang terencana. Seluruh unit telah berkomunikasi dan koordinasi dengan pemangku kepntingan terkait ke-andalan listrik.

Tidak hanya itu, sambung Wahyu seluruh peralatan kerja juga dipastikan berkualitas tingkat keamanannya. Sementara kepada petugas/tenaga kerja juga dijamin keselamatannya dalam menjalankan tugas dengan menerapkan SOP keselamatan dan kesehatan kerja (K3) demi melindungi mereka dari bahaya.

"Tidak ada tawar menawar dalam K3. Seluruh pemimpin tim K3 memastikan petugasnya menggunakan metode JSA dan Hirarc untuk mengidentifikasi resiko kecelakaan kerja saat melakukan aktivitas," ucap Wahyu.

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023