Blangpidie (Antaranews Aceh) - Perusahan Listrik Negara (PLN) Rayon Blangpidie terus berupaya agar pasokan listrik di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh bisa berjalan normal selama bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah.

"Insyaallah, kita upayakan dalam bulan suci Ramadhan pasokan listrik di kabupaten Abdya dan sekitarnya kita pastikan normal, tanpa ada pemadaman," kata Kepala PLN Rayon Blangpidie, Adam Ramanditha  di Blangpidie, Jumat.

Menurut Adam, dalam menghadapi bulan puasa pihak petugas PLN telah melakukan berbagai upaya seperti melakukan hal hal preventif terutama terkait kendala jaringan listrik dilapangan.

Salah satunya lanjut dia, perintisan pohon supaya tidak berpotensi menganggu jaringan listrik di sepanjang jalan, baik dalam kota maupun di pedesaan.
 
Selain menata pohon kayu disepanjang jaringan, petugas PLN juga memasang ijuk untuk menghambat binatang-binatang liar agar tidak naik ke atas jaringan aliran listrik.

Untuk menormarmalkan aliran listrik bulan ramadhan di kabupaten Abdya dan sekitarnya, pihak PLN juga memasok arus listrik dari dua sumber, yakni dari Gardu Induk ( GI) Alue Manggota, yang sumbernya dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kabupaten Nagan Raya kemudian dari mesin Pembangkil Listrik Tenaga Disel (PLTD) di Kecamatan  Setia.

''Kita doakan saja mudah-mudahan PLTU Nagan Raya dan PLTD Setia dapat beroperasi dengan baik tanpa adanya hambatan dan ganguan saat bulan puasa tiba,'' pintanya.

Adam mengaku, semua usaha yang dilakukan petugas PLN dilapangan tidak semudah menuangkan air ke dalam gelas. Pasalnya masih banyak warga yang tidak memberikan izin tanaman pohonnya ditata dibawah jaringan listrik.

''Terkadang ada juga warga tidak mengizinkan pohon-pohon yang tumbuh dibawah jaringan listrik dipotong oleh petugas PLN. Sehingga menjadi kendala tersendiri bagi kami, padahal yang kita lakukan untuk kemaslahatan bersama,'' katanya

Salah seorang warga Kecamatan Manggeng, Alimi saat dikompirmasi wartawan mengharapakan bahwa apa yang disampaikan oleh kepala PLN Rayong Blangpidie, tersebut bukanlah sebuah hembusan angin segar semata.

"Kalau memang semua itu benar kita patut bersyukur dengan apa yang telah dilakukan pihak PLN Rayon Blangpidie, tapi yang kita takutkan itu hanya sebatas janji-janji saja," katanya singkat.
 

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018