Sabang (ANTARA Aceh) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang Zulfi Purnawati mengemukakan kunjungan wisatawan dosmetik dan mancanegara terus meningkat ke daerah paling ujung barat Indonesia, karena Aceh menjadi salah satu daerah tujuan wisata halal dunia.

"Data menunjukkan kunjungan wisatawan ke Sabang, dan umumnya Aceh terus meningkat, karena sekarang Aceh sudah menjadi daerah tujuan wisata halal dunia," katanya di Sabang, Rabu.

Menurut dia, kompetisi World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi, pada putaran pertama Indonesia mengikuti 16 kategori dan 12 diantaranya masuk putaran kedua.

Dari 12 kategori tersebut dua diantaranya masuk Aceh yakni, World's Best Airport for Halal Travellers - Sultan Islandar Muda International Airport, Aceh dan World's Best Halal Cultural Destination - Aceh.

"Poling sebelumnya Aceh sudah masuk lima besar wisata halal dunia dan sekarang kembali dilakukan poling putaran kedua untuk memperebut juara I, II dan III. Poling ini akan berakhir pada tanggal 24 November 2016," sebutnya.

Dia menyebutkan, poling putaran pertama wisata halal dunia melalui web http//:voteindonesia.com Aceh masuk lima besar dan ia mengajak semua komponen masyarakat memberikan dukungan untuk Indonesia dan Aceh di poling putaran kedua.

"Ayo sama-sama kita vote Indonesia dan Aceh agar terpilih menjadi daerah kunjungan wisata halal pertama di dunia," ajak Zulfi ketika menjadi pemateri di acara pelatihan enterpreneur peningkatan kapasitas UMKM dan koperasi serta pengelolaan layanan keuangan digital dalam rangka mendorong pariwisata Provinsi Aceh di Sabang.

Ajakan Kadisbudpar Kota Sabang tersebut direspon positif puluhan peserta pelatihan interpreneur yang di fasilitas Bank Indonesia (BI) di Sabang dengan menggunakan smartphone dan peserta mengvotenya secara bersama-sama.

Pewarta: Irman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016