Meulaboh (ANTARA Aceh) - Kepolisian Resor Aceh Barat, Polda Aceh melakukan pemeriksaan semua kelengkapan surat kendaraan bermotor serta kepemilikan roda empat pada seluruh personel polres setempat.

Kapolres Aceh Barat AKBP Teguh Priyambodo Nugroho SIK, di Meulaboh, Selasa, mengatakan penegakan ketertiban dan kedisiplinan (gaktibplin) tersebut sebagai bentuk kegiatan pengawasan terhadap personel Polri di wilayah hukum polres setempat untuk mendisiplinkan anggota.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan pengawasan terhadap personel Polri khususnya Polres Aceh Barat dalam rangka mendisiplinkan anggota dan mengantisipasi pelanggaran anggota," katanya dalam penjelasan tertulis.

Kegiatan tersebut dilakukan sebelum apel pagi di halaman Mapolres Aceh Barat di Jalan Swadaya Meulaboh, dan Operasi Gaktibplin itu dipimpin oleh Kabag Sumda Polres Aceh Barat Kompol Thomas Nurwanto SE SH dibantu beberapa personel Provost Polres Aceh Barat.

Dalam kegiatan Gaktibplin yang dilaksanakan Polres Aceh Barat dengan sasaran operasi seperti surat nyata diri, kelengkapan perorangan, kelengkapan kendaraan, gampol, sikap tampang anggota Polri khususnya personel dan PNS Polri Polres Aceh Barat.

"Kegiatan ini dilaksanakan menindaklanjuti perintah Kapolda Aceh untuk selalu berpedoman Panca Siap, salah satunya siap diri untuk menciptakan ketertiban dan kedisiplinan personel," ujar dia lagi.

Selain itu, operasi ini sebagai sarana monitoring dalam memantau sejauh mana tingkat kesadaran personel dalam hal ketaatan terhadap aturan yang telah ditetapkan.

Kapolres menegaskan, setiap personel Polri harus tertib terlebih dahulu sebelum menertibkan masyarakat serta memberi contoh yang baik kepada masyarakat dalam menaati segala aturan.

Polres Aceh Barat juga telah melakukan apel gabungan dalam rangka pengamanan 4 Desember 2016 terkait momen Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-40, jajaran polres bersama Kodim 0105 Aceh Barat melakukan patroli ke semua kawasan untuk memastikan tidak ada pengibaran bendera yang bercorak bintang bulan.

"Alhamdulillah tidak ada pengibaran bendera bintang bulan itu, di wilayah Aceh Barat, kami bersama Kodim dan Denpom Iskandar Muda 2, dengan semua jajaran melakukan patroli dalam rangka cipta kondisi dan kamtibmas," ujar Kapolres Aceh Barat AKBP Teguh Priyambodo Nugroho.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016