Aktivitas penumpang di pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue Kota Banda Aceh terpantau landai pada H+7 lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Kapolsek Ulee Lheue Iptu Hendra Syah Putra, di Banda Aceh, Minggu, menyampaikan bahwa arus lalu lintas di pelabuhan tersebut landai karena hanya menunggu arus balik mudik penumpang dari Sabang menuju Banda Aceh. 

"Sudah landai karena hanya tinggal menunggu yang berangkat dari Balohan Sabang saja," kata  Iptu Hendra Syah Putra. 

Baca juga: Polda Aceh berangkatkan 2.032 penumpang arus balik Idul Fitri

Berdasarkan data penumpang Pelabuhan Ulee Lheue, pada H+6 lebaran, tingkat kedatangan mencapai 2.196 orang dan keberangkatan 2.296 orang dengan lima trip keberangkatan menggunakan kapal Ro Ro, dan empat trip kapal cepat. 

Kata Hendra, pihaknya sejauh ini masih terus menjaga keamanan melalui Pos Operasi Ketupat Seulawah hingga 1 Mei 2023 besok, dengan pengamanan dengan cara berpatroli dan berjaga selama 1×24 jam. 

"Kami siap mengamankan untuk tidak terjadi kemacetan di area pelabuhan," ujarnya. 

Baca juga: Pengguna angkutan umum H-8 hingga H+2 capai 9,3 juta orang

Dirinya menambahkan, pihaknya juga mempersiapkan tactical floor game (TFG) apabila jumlah penumpang di Pelabuhan membludak pada H+8 lebaran besok. 

"Apabila membludak kita akan membuka jalur keluar masuk dari arah Gampong Jawa dan juga Ulee Lheue," kata Iptu Hendra. 

Dalam kesempatan ini, dirinya juga mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan balik ke Banda Aceh agar selalu berhati-hati menjaga keselamatan dan mematuhi aturan, sehingga bisa sampai dengan selamat.

Baca juga: Puncak arus balik di Tol Sibanceh terjadi pada H+3 Lebaran kemarin
 

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023