Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaoh, Kabupaten Aceh Barat, selama 10 hari terakhir telah menerbitkan 1.000 surat keterangan tes bebas narkoba untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan bakal calon legislatif di Pemilu 2024.

“Hingga Jumat hari ini, sudah sekitar 1.000 lembar surat tes kesehatan bebas narkoba kita terbitkan,” kata Direktur RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dr Ilum Anam kepada ANTARA di Meulaboh, Jumat.

Ia menjelaskan, setiap harinya pihaknya menerima permohonan sebanyak 100 pemohon, untuk mendapatkan  hasil tes kesehatan berupa surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah.

Baca juga: RSUD Meulaboh targetkan buka layanan kateterisasi jantung

Surat tersebut, kata dia, digunakan sebagai persyaratan untuk pendaftaran ulang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), yang telah diumumkan oleh pemerintah daerah terkait kelulusan sebagai ASN P3K.

Selain itu, surat tersebut juga digunakan oleh Bacaleg yang akan mendaftarkan diri sebagai peserta di Pemilu 2024.

Ilum Anam menjelaskan meski telah menerbitkan 1.000 lembar surat keterangan bebas narkoba, namun sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya pemohon yang ditemukan positif menggunakan narkoba.

“Kalau terbukti menggunakan narkoba, pasti surat hasil tesnya tidak akan kita terbitkan. Sejauh ini memang belum ada yang positif,” kata Ilum Anam menambahkan.

Meski menerima 100 orang pemohon setiap harinya, namun pihaknya tetap berupaya memberikan pelayanan pemeriksaan kepada masyarakat yang membutuhkan, sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

Baca juga: RSUD CND Meulaboh Aceh perlu tambahan dokter spesialis, terutama ahli jantung

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023