Saluran irigasi di Dusun Lhung Kandeh, Gampong Pante Raja, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kondisinya rusak parah akibat diterjang banjir. 
 
Penelusuran wartawan di lapangan, Selasa, saluran irigasi yang diperkirakan sepanjang 40 meter itu rusak parah dibeberapa bagian karena pembatas dari beton ambruk ke saluran irigasi sehingga menghambat aliran air. 
 
Keuchik Gampong Pante Raja, Abas membenarkan di beberapa bagian disepanjang saluran Irigasi itu kondisinya sudah rusak.

Baca juga: Dinas Pertanian Perkebunan data sawah rusak akibat banjir di Aceh
 
Rusaknya saluran tersebut akibat banjir yang terjadi beberapa bulan lalu dan kini kondisinya tidak bisa digunakan lagi sehingga mengganggu aktivitas petani.
 
Keuchik Abas berharap kepada Pemerintah Daerah agar saluran irigasi yang dibangun 10 tahum silam itu bisa diperbaiki agar suplai air ke areal sawah petani bisa normal kembali.
 
"Harapan kita, semoga pemerintah melalui dinas terkait bisa memperbaiki saluran tersebut sehingga air bisa mengalir normal kembali saat dibutuhkan petani," pintanya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Abdya Alfian Liswandar mengatakan segera menurunkan tim teknis ke lapangan untuk mengecek kerusakan saluran irigasi tersebut. 
 
"Insyaallah waktu dekat kita turunkan tim teknis PUPR ke lapangan supaya bisa kita usulkan anggaran pembangunannya pada APBK 2024 akan datang," ujarnya.

Baca juga: BPBD: 49 desa di Aceh Barat masih terendam banjir

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023