Pemerintah Kabupaten Aceh Timur memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun 2023.

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023 tersebut digelar di lapangan upacara kompleks pusat pemerintah di Aceh Timur, Senin. 

Pj Bupati Aceh Timur Mahyuddin diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Keistimewaan Aceh dan Kesra Syahrizal Fauzi membacakan sambutan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika Moh Mahfud MD.

Dalam sambutannya, Mahfud MD menyatakan data Badan Pusat Statistik (BPS), menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia pada 2022 tercatat tumbuh 31 persen (Year-On-Year/YOY).

Angka tersebut  jauh meningkat dari pertumbuhan pada 2021 sebesar, 3,70 persen (YOY) dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan pertama 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03 persen, menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,0 persen.

"Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta Bangsa Indonesia," kata Syahrizal Fauzi.

Selain merayakan berbagai capaian Bangsa Indonesia, sambung Pj Bupati, Hari Kebangkitan Nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita.

"Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang yang beranggotakan 20 negara entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20," katanya.

Untuk itu, ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

"Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini, dapat menjadi lentera penerangan harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak," katanya.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023