Harga ikan tongkol di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo Banda Aceh turun sebanyak Rp5 ribu per kilogram (kg), hal itu karena karena hasil tangkapan ikan nelayan di sana melimpah. 

"Rata-rata turun Rp5 ribu per kg dalam seminggu ini karena hasil tangkapan ikan tongkol di nelayan banyak," kata salah seorang pedagang ikan di Lampulo, Rusli, di Banda Aceh, Jumat.

Rusli menyebutkan, harga ikan tongkol turun menjadi Rp18 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp23 sampai Rp25 ribu per kg. Sedangkan harga ikan tongkol dengan bobot 2 kg turun menjadi Rp30 ribu dari sebelumnya Rp35 ribu per kg.


Baca juga: Tangkapan nelayan turun, harga ikan di Aceh Jaya meningkat

Kemudian, harga ikan tuna di tingkat lokal juga turun Rp20 ribu per kg dari sebelumnya Rp25 ribu per kg, sedangkan ikan tuna bobot 2 kg turun Rp35 ribu dari sebelumnya Rp30 ribu. Lalu, berbeda dengan ikan tuna ekspor yang tidak mengalami penurunan. 

Sementara itu, Ketua DPW Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Aceh Azwar Anas, mengatakan hampir seluruh boat ukuran 15 Gt dengan muatan 6-10 ton di PPS Lampulo Banda Aceh membawa pulang ikan dengan jumlah banyak terutama ikan tongkol. 

"Luat biasa tangkapan bukan satu hingga dua boat saja yang membawa hasil ikan tongkol, memang hampir semua boat membawa hasil tangkapan ikan tongkol," kata Azwar Anas.

Baca juga: Harga ikan di Pasar Al-Mahirah bervariasi

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023