Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyatakan terus mengoptimalkan berbagai potensi pajak dan retribusi daerah serta penerima daerah lainnya yang sah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“PAD menjadi konsentrasi penuh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk saat ini, sehingga kegiatan yang direncanakan pada tahun ini bisa berjalan dengan maksimal,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Jantho, Selasa.

Berdasarkan data Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Aceh Besar capaian pendapatan asli darah 2022 di kabupaten itu sebesar Rp161 miliar yang terdiri pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan PAD lain yang sah.


Baca juga: Banda Aceh diprakirakan hujan ringan

Kemudian untuk tahun 2023 realisasi PAD Aceh Besar hingga 31 Mei 2023 sebesar Rp55 miliar atau sebesar 27,47 persen dari target pendapatan tahun itu sebesar Rp201 miliar.

Ia menjelaskan dirinya telah menggelar rapat untuk menggenjot dan memacu peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna menggali potensi-potensi pada instansinya masing-masing dalam rangka peningkatan pendapatan daerah.

“Buat inovasi-inovasi yang berpotensi menghasilkan PAD, baik itu yang lama maupun yang baru, setelah itu ajukan regulasi sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku,” katanya.



 


Ia menambahkan berbagai capaian yang telah diraih harus terus dievaluasi oleh semua OPD sehingga capaian target yang telah ditentukan dapat diwujudkan dan realisasi pada bulan berikutnya dapat melebihi target yang telah ditetapkan.

"Jangan berharap semua kegiatan dapat berjalan dengan baik, apabila PAD tidak sesuai target yang telah ditentukan," katanya

Muhammad Iswanto juga meminta Sekretaris Daerah sebagai ketua TAPD untuk mengawal secara penuh dan intens untuk mencapai pendapatan asli daerah secara maksimal.

Pihaknya optimistis dengan meningkatkan pendapatan asli daerah yang diterima setiap tahunnya akan mampu mengoptimalkan berbagai program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bersama dengan DPRK setempat.


Baca juga: Pemkab ajak media bersinergi bangun Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023