Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh menyiagakan seluruh personel untuk pertolongan dan penyelamatan pada libur Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

"Dalam menghadapi libur Idul Adha ini tidak ada siaga khusus. Semua personel yang bertugas beserta peralatan tetap siaga di kantor dan pos masing-masing," kata Kepala Basarnas Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain di Banda Aceh, Senin.

Basarnas Banda Aceh membawahi tujuh pos pertolongan dan penyelamatan atau SAR di seluruh Provinsi Aceh. Tujuh pos SAR tersebut yakni di Banda Aceh, Meulaboh, Kutacane, Langsa, Sabang, Bireuen, dan Takengon. 


Baca juga: Basarnas evakuasi ABK asal Tanzania karena sakit dalam pelayaran di Aceh

Selain siaga, Basarnas juga mengerahkan personel untuk memantau tempat-tempat wisata, seperti pantai dan sungai yang banyak didatangi masyarakat saat libur hari raya kurban nantinya. Di tempat-tempat tersebut, personel SAR juga menyampaikan imbauan.

"Imbauan kami kepada masyarakat agar senantiasa menjaga keselamatan diri dan keluarga saat berlibur di tempat-tempat wisata yang berisiko terjadinya kecelakaan dan musibah. Termasuk saat berlalu lintas, patuhi rambu-rambu dan utamakan keselamatan saat di jalan raya," kata Ibnu Harris Al Hussain.

Selain itu, Basarnas juga mengimbau masyarakat mewaspadai potensi bencana lainnya seperti banjir, gelombang tinggi, tanah longsor, maupun gempa bumi dan lainnya. Pastikan setiap individu memiliki kemampuan mitigasi atau pengurangan terhadap dampak bencana.

"Jika bepergian dengan keluarga di jalan raya, pastikan kendaraan bermotor dalam kondisi baik dan layak jalan. Apabila terjadi musibah atau kejadian darurat SAR segera hubungi nomor 115 atau 33876 untuk proses pertolongan dan penyelamatan," kata Ibnu Harris Al Hussain.

Baca juga: Basarnas laksanakan delapan evakuasi medis kecelakaan kapal di Aceh

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023