Otoritas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar menyatakan puncak kedatangan dan keberangkatan penumpang mudik lebaran Idul Adha 1444 Hijriah berlangsung pada Minggu (25/6).

“Kami memperkirakan puncak kedatangan dan keberangkatan penumpang melalui Bandara Intenrasional Sultann Iskdandar Muda dalam menghadapi lebaran Idul Adha adalah hari Minggu kemarin,” kata Executive General Manager Bandara Internasional SIM Darmadi di Blang Bintang Aceh Besar, Selasa.

Ia menjelaskan sudah menjadi kebiasaan puncak  penumpang pada lebaran Idul Adha dan Idul Fitri berlangsung lebih awal karena di Aceh ada tradisi meugang (hari pemotongan hewan) yang selalu tidak ingin dilewatkan bersama keluarga.

Menurut dia pada penerbangan lebaran Idul Adha 1444 Hijriah tidak ada maskapai yang melakukan penambahan jadwal penerbangan, bahkan ada dua maskapai yang membatalkan penebangan pada 29 dan 30 Juni, yakni Batik dan Garuda Indonesia.

Ia menyebutkan jumlah penumpang yang datang pada 25 Juni sebanyak 1.496 penumpang dan berangkat sebanyak 1.124 penumpang. Kemudian pada 26 Juni 2023 jumlah yang datang sebanyak 1331 orang dan yang berangkat 850 orang.

“Kami memperkirakan hari ni ada sekitar 2.500 penumpang lagi yang datang dan berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar,” katanya.

Darmadi mengatakan dalam menghadapi libur lebaran Idul Adha, pihaknya terus memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan berjalan maksimal guna memberikan layanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

"Kami terus memastikan aspek tersebut selalu terjaga demi kenyamanan pengguna jasa bandar udara," katanya.

Dia mengatakan dalam menyambut Idul Adha dan libur sekolah, pihaknya juga menyiapkan personel dalam upaya memaksimalkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa bandara.

Baca juga: Bandara SIM Aceh salurkan sembako gratis dan kurban Idul Adha

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023