Harga jual daging sapi segar pada tradisi Meugang menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah di Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat mencapai Rp180 ribu per kilogram.

“Kalau hari biasanya, harga jual daging sapi berkisar antara Rp130 ribu hingga Rp140 ribu,” kata Nopi, seorang pedagang daging di Kompleks Pasar Bina Usaha Meulaboh, Rabu.

Sedangkan untuk harga jual daging kerbau segar dijual seharga Rp170 ribu per kilogramnya.


Baca juga: Harga daging saat tradisi meugang di Abdya capai Rp220 ribu per kg

Pada hari biasanya, harga jual daging kerbau di Aceh Barat berkisar antara Rp120 ribu hingga Rp150 ribu per kilogram.

Ia mengakui, pada tradisi Meugang di Aceh, harga jual daging segar mengalami kenaikan harga karena banyaknya permintaan dari masyarakat, untuk mengonsumsi daging menjelang Hari Raya Idul Adha.

Seperti diketahui, tradisi Meugang di Aceh berlangsung selama tiga kali setiap tahunnya, diantaranya menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, menjelang Hari Raya Idul Fitri dan menjelang Hari Raya Idul Adha.

Pada tradisi ini masyarakat Aceh berbondong-bondong membeli daging segar untuk dikonsumsi bersama keluarga, sanak saudara dan kerabat yang datang ke rumah.

Pada tradisi Meugang, masyarakat Aceh juga memilih tidak beraktivitas apa pun termasuk di perkantoran, karena memilih berkumpul bersama keluarga untuk memasak daging, dan menikmati hari Meugang bersama keluarga dan orangtua.

Baca juga: Meugang Idul Adha, pedagang daging musiman menjamur di Aceh Besar dan Banda Aceh

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023