Raja Arab Saudi melalui Kedutaan Besar Kerajaan  Arab Saudi (KSA) di Jakarta mengabulkan permintaan Mushaf Quran Cetakan Madinah sebanyak 800 mushaf dari surat yang diajukan Pj Bupati Aceh Besar sebanyak 3.000 eksemplar.

“Alhamdulillah permintaan kita dikabulkan oleh KSA. Bantuan yang diserahkan tersebut disesuaikan dengan tingkat ketersediaan yang ada di KSA sehingga dikabulkan sebanyak 800 eksemplar,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Jantho, Rabu.

Ia menjelaskan mushaf cetakan Madinah tersebut akan dibagikan kepada lembaga pendidikan tahfiz A Quran dalam wilayah Aceh Besar dan nantinya dirinya akan menjemput mushaf cetakan Madinah itu di kantor Kedubes KSA di Jakarta.

“Insya Allah, usai lebaran Idul Adha, kami akan menjemput mushaf hadiah kerajaan Arab Saudi itu ke Jakarta,” katanya.


Baca juga: Meugang Idul Adha, pedagang daging musiman menjamur di Aceh Besar dan Banda Aceh

Ia mengatakan kepastian surat yang diajukan tersebut disetujui di sela sela dirinya menyambut kedatangan Mendagri dan para menteri lainnya di VVIP Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar Selasa (27/06/2023).

“Saya dihubungi pihak kedubes KSA bahwa permintaan pengajuan Mushaf Cetakan Madinah sudah disetujui sebanyak 800 buah dan akan dilakukan serah terima nantinya dalam waktu dekat di kedubes KSA Jakarta. Alhamdulillah, kita sangat bersyukur atas respon positif yang cepat dari pihak KSA. Kita akan segera tindaklanjuti atas dikabulkannya permintaan itu, termasuk dengan menjemput mushaf Cetakan Madinah itu ke Kedubes KSA,” kata Iswanto.  

Ia menambahkan mushaf cetakan Madinah itu akan disalurkan ke lembaga lembaga atau sekolah tahfidz yang ada dalam wilayah Aceh Besar. Keberadaan mushaf cetakan Madinah keabsahannya tidak diragukan sehingga akan menambah spirit para santri untuk menghafal Quran serta mengamalkannya dalam realitas keseharian.

“Atas nama seluruh rakyat Aceh Besar dan pribadi, kami menyatakan terima kasih dan salam hormat dari seluruh rakyat Aceh Besar kepada Raja Arab Saudi, semoga Allah memberikan kesehatan dan anugerah kepada Raja Arab Saudi dan rakyatnya,” kata Iswanto.

Sebelumnya persetujuan pemberian mushaf itu, juga disampaikan Pimpinan Pesantren Tgk Chik Oemar Diyan Tgk Fakhruddin Lahmuddin yang dihubungi oleh seorang koleganya sesama Alumni Gontor yang kini menjadi staf Kedubes KSA. 

“Alhamdulillah, gebrakan Pak Pj Bupati Aceh Besar pantas diberi acungan jempol, karena beliau berinisiatif untuk meminta mushaf Quran cetakan Madinah kepada Raja Arab Saudi melalui kedubes KSA, dan ini akan semakin membumikan rasa cinta Al Quran di kalangan masyarakat Aceh Besar,” kata Fakhruddin.


Baca juga: Pj Bupati Aceh Besar surati Raja Arab Saudi minta bantuan 3.000 Al Quran cetakan Madinah

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023