Akademisi dari Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Samsul Rizal berharap Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki dapat mempercepat pembangunan Aceh dengan lompatan-lompatan besar dan ide-ide besar dalam upaya memajukan provinsi tersebut.

“Yang perlu diperhatikan dan dilanjutkan oleh Pak Pj Gubernur adalah dapat menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi selama ini seperti kemiskinan, stunting, ekonomi UMKM, pendidikan menengah,” kata Samsul Rizal di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya terkait perpanjangan kembali Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh untuk satu tahun ke depan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) yang diserahkan Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro mewakili Mendagri di Kantor Kemendagri.


Baca juga: Jokowi perpanjang Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh

Ia menjelaskan Pj Gubernur Aceh juga harus memperhatikan isu-isu yang disampaikan oleh DPR Aceh seperti harus memperhatikan kepala dinas yang tidak punya kinerja, pembangunan infrastruktur yang masih sangat lamban dan masalah dana otonomi khusus yang tinggal 1 persen.

Mantan Rektor USK tersebut mengajak semua komponen masyarakat untuk mendukung keputusan yang telah ditetapkan tersebut untuk memajukan provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Ia menambahkan untuk membangun provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu tidak bisa sebagaimana selama ini, tapi harus dengan lompatan-lompatan besar yang dilakukan oleh seorang kepala daerah.

Sebelumnya Mayor Jenderal (Purn) Achmad Marzuki dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pj Gubernur Aceh pada 6 Juli 2022 yang berlangsung dalam sidang paripurna DPR Aceh di Banda Aceh.

Baca juga: Iswanto siap lanjutkan amanah di Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023