Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Banda Aceh Amiruddin mengingatkan komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat harus selalu netral dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, dan terbebas dari kepentingan politik.

"Setiap anggota KIP harus dapat menjadi pribadi yang mampu mengemban amanah dan melepaskan diri dari segala kepentingan politik," kata Amiruddin, di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikan Amiruddin saat melantik anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh periode 2023-2028 di aula lantai IV Gedung Mawardy Nurdin Balai Kota Banda Aceh.

Baca juga: KIP ingatkan masyarakat cek DPT agar tidak kehilangan hak pilih di Pemilu 2024

Pelantikan anggota KIP Kota Banda Aceh dilakukan berdasarkan Surat Keputusan KPU RI Nomor 744 Tahun 2023. Adapun Lima anggota KIP Kota Banda Aceh yang dilantik adalah Yusri Razali, Hasbullah, Rachmat Hidayat, Saiful Haris dan Muhammad Zar.

Amiruddin menyampaikan, independensi dari anggota KIP itu dapat mewujudkan Pemilu yang sehat dan melahirkan pemimpin berkualitas.

"Karena itu sumpah yang diucapkan tadi sebagai dasar yang kuat memegang teguh kode etik dalam menjalankan tupoksi sebagai anggota KIP," ujarnya.

 

Dirinya menuturkan, kunci kesuksesan KIP adalah dengan membangun komunikasi dan sinkronisasi yang baik dengan semua pihak, sehingga akan mudah melaksanakan tugas-tugasnya di masa mendatang.

Kata Amiruddin, dalam menjalankan tugasnya, KIP harus mampu menjawab harapan masyarakat yang menginginkan penyelenggaraan Pemilu berkualitas, bermartabat, dan juga dapat dipertanggungjawabkan.

"Bukan hanya pertanggungjawaban kepada negara tapi juga pertanggungjawaban kepada Tuhan yang maha kuasa," katanya.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga menegaskan Pemerintah Kota Banda Aceh siap menyukseskan agenda Pemilu dan menciptakan penyelenggaraan Pileg dan Pilkada 2024 yang aman, jujur, dan adil.

"Ini adalah komitmen kita bersama KIP Banda Aceh serta seluruh stakeholder terkait penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang, sesuai arahan Presiden dan Mendagri," ujarnya.

Terkait dengan kondusifitas Kota Banda Aceh, ia mengajak semua pihak untuk dapat menjaganya bersama-sama, agar seluruh tahapan proses demokrasi berjalan lancar. 

"Tinggalkan ego sektoral dan segala perbedaan untuk Banda Aceh yang lebih baik. Mari kita terus memperkuat integrasi bangsa kita melalui pemilihan umum yang berkualitas," demikian Amiruddin.

Baca juga: KIP Aceh Besar tetapkan 1.264 TPS untuk Pemilu 2024

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023