Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, mengapresiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika atas beroperasinya jaringan internet dan telepon selular melalui bantuan satu unit Tower Base Transceiver Station (BTS) internet di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang.

“Pemerintah Kabupaten Nagan Raya berterima kasih kepada Kemenkominfo atas respons cepat pembangunan menara ini bagi masyarakat di pedalaman Nagan Raya,” kata Pj Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas dalam keterangannya diterima di Suka Makmue, Minggu.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada GM Telkom Aceh, Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan Wilayah XVIII Banda Aceh dan pihak-pihak terkait lainnya yang telah ikut berkontribusi, sehingga masyarakat di wilayah pedalaman tersebut saat ini bisa mengakses jaringan internet dan telepon selular.

"Kepada masyarakat Beutong Ateuh Banggalang saya ucapkan selamat semoga kehadiran jaringan internet membuka isolasi guna meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Fitriany Farhas menambahkan.


Baca juga: Jembatan gantung di pedalaman Aceh Barat miring ditabrak kapal tambang emas

Ia juga meminta kepada camat, kepala desa dan semua pihak agar dapat menjaga menara BTS yang berlokasi di kawasan Pegunungan Singgah Mata.

"Tolong dijaga keberadaan menara agar tidak ada tangan-tangan jahil mengganggu, sehingga akses telekomunikasi ikut terganggu," ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Said Amri, mengatakan pihaknya merasa lega atas terbangunnya BTS internet yang sudah sekian lama diperjuangkan.

"Meski masih dalam tahap uji coba, kami sampaikan selamat kepada masyarakat Beutong Ateuh Banggalang. Terima kasih kepada Pj Bupati, jajaran Kemenkominfo RI dan semua pihak yang telah ikut membantu, sehingga Beutong Ateuh Banggalang terbebas dari kawasan blankspot (tanpa sinyal)," katanya.

Menurutnya, berfungsi nya menara internet di kawasan pedalaman tersebut tidak terlepas dari peran dan dukungan penuh Pj Bupati Nagan Raya, sehingga menara tersebut dapat difungsikan penggunaan bagi masyarakat.


Baca juga: Dewan Dakwah salurkan 92 ekor hewan kurban ke pedalaman Aceh

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023