Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Kementerian Perdagangan RI berkomitmen mendorong pertumbuhan ekspor pelaku produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Aceh Tengah. 

Kepala Unit Usaha Syariah LPEI Rusdi Dahardin, Sabtu, mengatakan upaya yang dilakukan pihaknya adalah dengan penyaluran fasilitas pembiayaan, penjaminan, asuransi, dan jasa konsultasi guna membantu para pelaku UMKM di daerah untuk mampu membawa produknya dari lokal ke pasar global. 

"LPEI telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pembiayaan Ekspor Syariah BSI dan Penjaminan Pembiayaan LPEI di Takengon pada 26 Juli 2023 secara hybrid. Tujuannya agar informasi terkait program ini dapat lebih cepat diterima oleh masyarakat," kata Rusdi Dahardin. 

Baca juga: Pemkab Bener Meriah dorong pelaku UMKM daftarkan merek produk

Dia menyampaikan Aceh Tengah merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia dan memiliki keunggulan untuk tumbuh di pasar global. 

Menurutnya, dengan ikut mendorong perkembangan UMKM daerah melalui kegiatan ekspor diharapkan juga dapat memberikan multiplier effect kepada kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Kegiatan ini menjadi wujud upaya LPEI dan BSI dalam meningkatkan pertumbuhan ekspor di wilayah Aceh. Harapan kami program ini dapat menjadi solusi bagi pelaku UMKM ekspor pada aspek dukungan pembiayaan berbasis syariah dan penjaminan pembiayaan," ujarnya.

Sementara itu, Retail Financing Business Deputy BSI Syahrial Alrasyid menyebutkan ada beberapa sektor yang dapat menjadi tulang punggung perekonomian baru di Aceh dan masih memiliki potensi besar untuk digarap oleh para pelaku usaha. 

Sektor tersebut, kata dia, antara lain pertanian dan perkebunan yang dapat dijadikan bahan untuk ekspor dan sektor pariwisata sebagai alternatif.

"Saya melihat di Aceh ini banyak komoditas alam yang perlu bertransformasi sehingga memiliki nilai tambah, dengan proses hilirisasi saya rasa akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa di Aceh," kata Syahrial Alrasyid.

Baca juga: Pekan Produk Unggulan UMKM di Aceh Tengah

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023