Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Amiruddin mengingatkan kepada orang tua di ibu kota provinsi Aceh itu untuk mengawasi rutinitas anak-anak saat berada di luar sekolah, jangan sampai terlibat pada kegiatan negatif seperti tawuran dan lainnya.

"Ketika di luar sekolah, saya mengimbau kepada orang tua agar mengawasi ketat rutinitas anak sehari-hari, tanpa mengekang kebebasan berekspresinya," kata Amiruddin, di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan tersebut disampaikan Amiruddin merespon adanya penangkapan remaja terduga terlibat kelompok gangster di Banda Aceh oleh kepolisian setempat.

Baca juga: Polresta Banda Aceh tangkap tiga remaja diduga gangster yang hendak tawuran

Satreskrim Polresta Banda Aceh menangkap tiga remaja terduga kelompok gangster yang hendak melakukan tawuran dengan lima kelompok lainnya di wilayah Kota Banda Aceh, Minggu malam (30/7).

Berdasarkan hasil interogasi kepolisian, terdapat lima kelompok gangster yang bergabung untuk melakukan tawuran ke wilayah Banda Aceh. 
 

Bahkan, mereka menggunakan berbagai jenis tajam seperti celurit, katana, gear, samurai, dan gergaji rakitan. Sehingga langsung diamankan.

Amiruddin mengaku prihatin karena ternyata ada anak-anak yang seharusnya fokus belajar di sekolah, malah terjerumus dalam pergaulan bebas. Dalam hal ini tawuran yang bukan hanya merugikan dirinya tapi juga keluarga dan bahkan orang lain.

Berangkat dari hal tersebut, dirinya juga menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan setempat untuk memberikan perhatian ekstra kepada para siswa selama berada di lingkungan sekolah.

"Berikan perhatian, baik itu lewat pendidikan agama maupun kegiatan ekstrakurikuler agar mereka lebih melakukan kegiatan positif," ujarnya.

Kemudian, Amiruddin juga meminta perangkat , pemuda gampong (desa) serta masyarakat umum untuk berperan aktif menjaga ketertiban, kenyamanan, dan keamanan.

"Jangan berikan peluang sedikitpun untuk kegiatan kriminal demi kemaslahatan kita bersama dan masa depan anak-anak kita," katanya.

Dalam kesempatan ini, Amiruddin juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi Polresta Banda Aceh yang telah bergerak cepat mencegah terjadinya tindak kriminal di Banda Aceh.

"Apresiasi saya juga kepada masyarakat yang telah berinisiatif melaporkan ke polisi saat melihat hal negatif yang dapat mengganggu keamanan," demikian Amiruddin.


Baca juga: Polisi ringkus 14 gangster bersenjata
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023