Universitas Syiah Kuala (USK) Darussalam Banda Aceh siap berkolaborasi dengan Pusat Hidro-Oseanografi (Pushidrosal) TNI AL untuk berbagai program pengabdian di pulau-pulau terluar Indonesia.

“Program pengabdian yang dilakukan tersebut seperti program pengentasan stunting atau meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di pulau-pulau terpencil, termasuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim,” kata Rektor USK Prof Marwan di Darussalam, Banda Aceh, Kamis, di sela membuka kuliah umum Hidrografi dengan pembicara utama Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat.

Ia menjelaskan USK siap berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan memberikan kesempatan untuk melakukan magang di Pushidrosal TNI AL , termasuk magang di kapal-kapal laut TNI AL guna menempa SDM unggul di bidang maritim dari Aceh.

Baca juga: Mahasiswa USK Aceh luncurkan produk turunan kopi

Prof Marwan optimis USK bisa berkontribusi nyata bagi dunia kemaritiman Indonesia, yang turut didukung Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) yang memiliki prestasi di bidang hidrografi, terutama riset-riset yang menjadi referensi Indonesia dan dunia.

Pihaknya berharap adanya kerja sama di bidang riset, salah satunya dengan memberi kemudahan akses bagi para dosen USK dalam mendapatkan data-data riset terkait oseanografi.

 




Rektor menilai kegiatan kuliah umum dengan tema "Peran Hidrografi pada Dekade Kelautan 2030 Menuju Indonesia Emas 2045," merupakan momentum yang baik bagi semua pihak untuk menguatkan kembali komitmen terhadap kedaulatan laut Indonesia.

Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat mengatakan peluang kerja sama dengan USK dan Aceh sangat terbuka, termasuk dengan Fakultas Kelautan dan Perikanan.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya siap berkolaborasi dengan lintas pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa dan akademisi, dalam memanfaatkan hidro-oseanografi.

Pihaknya sangat terbuka untuk data tersebut dan sudah banyak universitas maupun instansi di Indonesia yang bekerja sama dengan Pushidrosal TNI AL.

Baca juga: FKP USK perkenalkan Bubu ramah lingkungan ke nelayan Lhok Paroy Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023