Komisi Independen Pemilihan (KIP) atau KPU Kota Lhokseumawe, Aceh, mengusulkan anggaran sebesar Rp32 miliar untuk pelaksanaan berbagai tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 2024 mendatang.

"Kami sudah mengusulkan anggaran pilkada 2024 kepada Pemerintah Kota Lhokseumawe. Besarannya sekitar Rp32 miliar," kata Ketua KIP Kota Lhokseumawe Abdul Hakim di Lhokseumawe, Rabu.

Dikatakan Abdul Hakim, usulan anggaran pemilihan wali kota dan wakil wali kota Lhokseumawe yang digelar serentak dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2024-2029 tersebut masih akan dibahas lagi.

"Anggaran tersebut sudah diusulkan, saat ini kami masih menunggu pembahasan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah atau TAPD Kota Lhokseumawe," katanya. 

Baca juga: KIP Aceh Timur usulkan anggaran Pilkada 2024 Rp95 miliar

Abdul Hakim menyebutkan, usulan anggaran pilkada yang mencapai Rp32 miliar tersebut diperuntukkan untuk pembiayaan tahapan pilkada Walikota dan Wakil Walikota Lhokseumawe serta logistiknya. Kemudian juga untuk honorium penyelenggara ad hoc.

"Kami berharap Pemerintah Kota Lhokseumawe dapat merealisasikan usulan anggaran tersebut. Karena ini merupakan tanggung jawab bersama untuk mewujudkan pesta demokrasi di Kota Lhokseumawe," katanya.

Pilkada di Kota Lhokseumawe dilaksanakan pada November 2024 mendatang dan serentak digelar di seluruh Indonesia. Pilkada digelar setelah pemilu serentak pemilihan anggota legislatif dengan pemilihan presiden dan wakil presiden pada 14 Februari 2024.

Baca juga: KIP Banda Aceh usulkan Rp31 miliar untuk Pilkada, dalam APBK murni 2024

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023