Otoritas pengelola Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menjadikan Desa Wisata Lubok Sukon untuk dikembangkan sebagai desa wisata berkelanjutan.

“Kegiatan Sustainable Tourism tersebut dilakukan dengan cara meningkatkan kesejahteraan masyarakat, daya saing UMKM Indonesia Maju, pelatihan kewirausahaan dan program Indonesia Hijau,” kata Executive General Manager Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Darmadi di Aceh Besar, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menyerahkan bantuan booth portable kepada sepuluh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Wisata Lubok Sukon, Aceh Besar.

Baca juga: Pemkot Sabang tingkatkan sarana pendukung wisata mukai toilet hingga jalan

Ia menjelaskan Angkasa Pura II memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) untuk mendorong terciptanya standar pelayanan dengan keramahtamahan Indonesia bagi support system di ekosistem aviasi dan pariwisata agar dapat meningkatkan level pariwisata Indonesia di kancah dunia.

Ia mengatakan AP II juga memiliki tujuan meningkatkan kebangkitan sektor pariwisata di ekosistem aviasi & pariwisata di tiga dan sembilan destinasi pariwisata melalui program penghijauan, peternakan, pertanian, pelestarian ekosistem air, kerajinan pahat, lukis, batik serta pemberdayaan dan pelatihan secara berkelanjutan bagi pelaku UMKM.

Menurut dia dengan program sustainability tourism yang dilaksanakan serentak di 19 kantor cabang merupakan konsep pengembangan wisata yang dapat memberikan dampak positif pada sosial dan lingkungan serta peningkatan kesenian dan budaya.

Ia mengatakan pengembangan pariwisata berkelanjutan tersebut juga bagian membangkitkan desa wisata untuk terus tumbuh dan bangkit sehingga memberi dampak ekonomi pada semua sector.

Selain memberikan dukungan kepada pelaku UMKM, untuk mendukung pengembangan pariwisata keberlanjutan, AP II juga membuat video publikasi terkait kegiatan di desa tersebut.

“Video yang kita buat ini merupakan bagian untuk meningkatkan promosi Desa Wisata Lubok Sukon yang nantinya juga akan berdampak terhadap kunjungan ke sini,” katanya.

Pihaknya berharap dengan berkembangnya Desa Wisata Lubok Sukon tersebut akan mampu menopang perekonomian masyarakat di desa tersebut khususnya dan Aceh Besar secara umum.

Baca juga: ASPPI beri pendampingan masyarakat bentuk desa wisata di Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023