Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melaksanakan upacara Taptu dan pawai obor dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Republik Indonesia pada Rabu (16/8) malam. 

Semarak pawai obor menarik perhatian masyarakat. Banyak yang ingin menyaksikan langsung perayaan Hari Kemerdekaan ini di sepanjang rute jalan yang dilewati oleh pawai obor walau dalam kondisi cuaca hujan gerimis. 

Kegiatan dimulai pukul 20.30 WIB. Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan langsung bertindak sebagai inspektur upacara dan secara simbolis melakukan penyalaan obor kepada salah satu perwakilan peserta. 

Ribuan peserta turut menyemarakkan kegiatan ini terdiri dari unsur pelajar, TNI, Polri, dan personel Satpol PP Aceh Tengah. 

Mirzuan mengajak masyarakat untuk meneladani perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi memperjuangkan kemerdekaan.

"Maka malam ini mari kita tumbuhkan kembali semangat para pejuang untuk kemajuan pembangunan daerah," ujarnya.

Usai Upacara Taptu dan pawai obor, rangkaian kegiatan memperingati HUT ke 78 RI dilanjutkan dengan apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Reje Bukit Takengon tepat pukul 24.00 WIB. 

Baca juga: Warga Aceh Selatan gelar pawai obor sambut Idul Fitri

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023