Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nezar Patria berharap  komunitas Sahabat Kuliner Aceh (SKA) dapat memperluas jangkauannya untuk terus memperkenalkan Aceh melalui diplomasi kuliner. 

"Semoga kita bisa terus tingkatkan lingkarannya semakin hari semakin membesar untuk terus memperkenalkan Aceh melalui kuliner," kata Nezar Patria di sela-sela peusijuek dan silaturahmi komunitas SKA di Caringin, Bogor, Minggu.

Menurut Nezar, SKA telah menjalankan satu tradisi yang baik untuk memperkuat silaturahmi dengan diplomasi kuliner, tanpa terjebak dalam sekat-sekat sikap politik.

"Saya rasa kita semua sepakat apa pun posisi politik kita, kita tetap makan nasi yang sama dan kuah beulangong yang sama," kata Nezar.

Sahabat Kuliner Aceh adalah sebuah komunitas diplomasi kuliner Aceh di Jabodetabek yang bertujuan memperkenalkan kuliner Aceh sebagai cita rasa nusantara.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Penasihat Kapolri Ifdhal Kasim, Staf Khusus Menteri Pertanahan Adli Abdullah, budayawan Mustafa Ismail dan Benny Polem dan sejumlah pengusaha Aceh di Jakarta.

Ketua SKA J Kamal Farza mengatakan tidak mudah menyatukan ragam profesi dan pandangan politik dalam komunitas SKA. Namun, semua bisa saling menghargai. Apalagi, kata Kamal, tak mudah menyatukan bermacam kepentingan dalam satu wadah.

"Karena itu, bagaimana yang sudah menyatu ini bisa menjadi suatu kekuatan untuk saling memberi dukungan. Politik boleh bebas, tapi cita rasa harus sama yaitu kuliner Aceh," kata Kamal Farza yang juga seorang pengacara di Jakarta. 

Nezar mengatakan pihaknya akan bekerja maksimal, terutama terkait  transformasi digital, merancang aturan regulasi tentang kecerdasan buatan (AI), hingga merampungkan Inpres tentang Hak Penerbit atau Publisher Right dalam ekosistem media digital saat ini.

Pihaknya juga menaruh perhatian besar terkait masih adanya 500 blank spot 4G di Aceh, terutama di daerah terpencil dan terluar.

"Digitalisasi menciptakan peluang besar untuk perdagangan online, termasuk kuliner di dalamnya," kata Nezar.

Baca juga: Aceh Culinary Festival tampil beragam hadirkan makanan tradisional mancanegara

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023