Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan menyebut perlu terus ada kajian terhadap norma-norma adat di tengah masyarakat daerah dataran tinggi Gayo itu oleh Majelis Adat Gayo (MAG) agar jangan sampai luntur di tengah masyarakat.

"Jangan sampai masyarakat Gayo sendiri belum memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya," kata T Mirzuan di Aceh Tengah, Senin.

Pernyataan itu disampaikan saat membuka Forum Group Discussion (FGD) Kedua Penyusunan Buku Adat Gayo 'Murip I Kanung Edet Mate I Kanung Bumi, di Aceh Tengah. 

Ia berharap penyusunan buku adat Gayo tersebut dapat terus disempurnakan sehingga nantinya dapat menjadi pedoman bagi masyarakat, pelajar, dan generasi Gayo mendatang. 

Tak hanya itu, kata Mirzuan, penerbitan buku tersebut juga dapat sekaligus menjadi ilmu pengetahuan bagi masyarakat luas. 

Saat ini, lanjut dia, Tanah Gayo menjadi salah satu objek wisata yang sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. 

“Sebagai bentuk dalam mendukung sektor pariwisata dapat dilakukan dengan menyediakan buku yang berisikan kebudayaan dan adat istiadat Gayo," ujarnya. 
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023