Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Kebutuhan kotak suara untuk pemungutan suara pada Pilkada 2017 bupati/wakil bupati dan gubernur/wakil gubernur Aceh di Kabupaten Aceh Utara, sebanyak 2.263 unit.

Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara yang membidangi masalah logistik, Khairul Mukhlis di Lhokseumawe, Jumat mengatakan, ribuan kotak suara tersebut sudah didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 27 kecamatan.

Sebutnya, jumlah kotak suara itu untuk 1.051 TPS yang ada di 27 kecamatan.

Setiap TPS terdapat dua kotak suara, satu kotak pemilihan bupati dan wakil bupati dan satu kotak untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta ditambah 6 kotak suara di setiap kecamatan untuk pleno pemungutan suara.

Lebih lanjut ungkap Khairul, kotak suara itu pengadaan baru yang dilakukan oleh KIP Aceh, sehingga cepat didistribusikan ke sejumlah PPK supaya segera dipasang sebagaimana mestinya.

"Kita cepat distribusikan kotak suara tersebut, karena kondisinya masih baru, sehingga butuh waktu untuk pemasangan bagian-bagian agar dapat utuh menjadi kotak suara agar tidak merepotkan lagi saat mendekati hari pencoblosan," ujar Khairul.

Dikatakan, adanya pengadaan baru, karena kotak suara sisa Pilpres yang tersimpan di gudang KIP Aceh Utara dicuri pada 2016.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017