Tim Basarnas Banda Aceh Pos Meulaboh resmi menghentikan upaya pencarian terhadap Samanan (81 tahun), seorang nenek warga Desa Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, kabupaten setempat yang diduga hilang di kawasan perkebunan karet sejak Kamis (24/8) pekan lalu di desanya.

“Berdasarkan hasil evaluasi dan analisa yang kami lakukan, hingga saat ini tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan korban, sehingga upaya pencarian terhadap korban resmi kita hentikan,” kata Koordinator Basarnas Pos Meulaboh, Rahmat Kennedi kepada ANTARA, Jumat.

Rahmat Kennedi mengatakan penghentian pencarian terhadap Samanan dilakukan pihaknya, setelah melakukan koordinasi dan musyawarah dengan pihak keluarga korban.

Menurutnya, upaya pencarian dapat kembali diaktifkan atau dilakukan, apabila nantinya ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Ia menyebutkan saat ini Samanan (81 tahun), warga Desa Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, telah dinyatakan hilang sejak Kamis (28/8) lalu setelah Tim Basarnas bersama masyarakat, TNI, Polri, BPBD Aceh Barat melakukan upaya pencarian terhadap korban sejak beberapa hari lalu.

Upaya pencarian korban dilakukan dengan cara menyisir perkebunan karet yang berada di Desa Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat dan lokasi di sekitarnya.

Namun setelah beberapa hari dilakukan pencarian, korban Samanan yang dilaporkan hilang hilang hingga saat ini belum bisa ditemukan keberadaannya.

Rahmat Kennedi mengatakan selama upaya pencarian, tim juga menemukan petunjuk yang diduga merupakan milik korban Samanan berupaya sandal, dan keberadaan korban hingga kini belum diketahui.

“Saat ini korban kami nyatakan hilang,” katanya menambahkan.

Dengan telah dihentikan upaya pencarian oleh Tim Basarnas Pos Meulaboh dan pihak terkait lainnya, kata dia, pihak keluarga korban telah menerima keputusan tersebut dan telah dilakukan doa di rumah korban.

Seperti diketahui, korban Samanan dilaporkan hilang sejak Kamis (24/8) pekan lalu, saat berada di kawasan perkebunan karet di desanya yaitu di Desa Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Korban dilaporkan hilang saat pergi ke kebun karet di desanya.

Baca juga: Basarnas masih cari nenek yang hilang di kebun karet

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023