Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, melakukan pembangunan ruas jalan sepanjang 21,53 kilometer untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Laut Tadu, Kecamatan Tadu Raya.  

“Pembangunan jalan ini sebagai salah satu upaya pemerintah daerah, meningkatkan kunjungan wisata ke Danau Laut Tadu,” kata Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriani Farhas di Suka Makmue, Kamis.

Pembangunan infrastruktur tersebut merupakan akses jalan sepanjang 21,53 kilomter yang menghubungkan dua desa, yaitu Desa Alue Bata dan Desa Kuala Tadu, Kecamatan Tadu Raya. Jalan tersebut selain membantu akses orang dan barang menuju dua desa, juga akan memudahkan wisatawan menuju destinasi wisata Danau Tadu.

Ia menjelaskan, kegiatan pembangunan jalan tersebut terbagi dalam beberapa jenis kegiatan diantaranya, rekonstruksi jalan sepanjang 7,9 kilometer (Km). Kemudian pemeliharaan berkala ruas jalan sepanjang 13,63 km.

Ada pun sumber dana untuk pembangunan jalan menuju ke arah destinasi wisata Danau Laot Tadu tersebut, kata dia, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2023.

"Kalau mengandalkan dana APBK kurang mencukupi. Kemudian kita lakukan lobi-lobi ke pusat, dan Alhamdulillah kita mendapatkan anggaran untuk peningkatan jalan ini," kata Fitriany menambahkan.

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya berharap dengan pembangunan jalan tersebut, diharapkan dapat memperlancar mobilitas barang dan hasil perkebunan masyarakat, sekaligus memudahkan akses masyarakat ke pusat-pusat pelayanan publik.

"Semoga proses pengerjaannya cepat selesai dan manfaatnya terutama pada peningkatan perekonomian masyarakat," demikian Fitriany Farhas.

Danau Laut Tadu merupakan salah satu destinasi wisata yang baru dikembangkan di Nagan Raya. Sejauh ini Danau Laut Tadu menjadi tempat rekreasi warga setempat dan lokasi kemping.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023