Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pertanian daerah setempat meningkatkan indeks pertanaman (IP) seluas 800 hektare dalam upaya meningkatkan produksi padi pada tahun 2023.

“Kita terus melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan produksi hasil pertanian di Kabupaten Aceh Besar dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan dan menyejahterakan petani,” kata Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Besar Jakfar di Lambaro, Selasa.

Ia menjelaskan program peningkatan indeks pertanaman yang dilaksanakan pada tahun 2023 diantaranya menyasar dua kecamatan yakni di Blang Bintang dan Simpang Tiga.

Kemudian upaya peningkatan produksi lainnya adalah memberikan bantuan benih padi untuk petani yang gagal panen akibat banjir pada periode  Januari - Maret  seluas 1.213 Hektare dan gerakan peningkatan produktifitas lahan sawah pra tanam seluas 500 hektar di kawasan Kecamatan Sukamakmur

Kemudian gerakan pengendalian hama dalam rangka antisipasi akibat el nino serta meningkatkan pendampingan dalam rangka meningkatkan produksi hasil pertanian milik petani dan mendukung program ketahanan pangan nasional.

Jakfar yang turut didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Agus Rizal menyebutkan luas tanam pada tahun 2022 seluas 40.699 hektare dan luas panen 40.610 hektare serta jumlah total produksi pada tahun itu sebanyak 283.715 ton.

Adapun luas lahan baku sawah di Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2022 sesuai dengan surat keputusan Bupati Aceh Besar seluas 21.795 hektare yang tersebar di 23 kecamatan dalam kabupaten itu.

Baca juga: Mesin pres jerami karya ASN Aceh terima sertifikat HAKI Kemenkumham

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023