Satuan Polisi Lalu-lintas Polres Aceh Barat bekerjasama dengan UPTD Badan Pengelolaan Keuangan Aceh Wilayah XII Aceh Barat dan PT Jasa Raharja Aceh Barat memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Jempol (Jemput Pajak Online) yang digelar di warung kopi.

“Progam Samsat Jempol ini dilaksanakan agar memudahkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor dengan pelayanan cepat,” kata Kasat Lantas Polres Aceh Barat Iptu Mardiansyah kepada wartawan di Meulaboh, Selasa.

Ia menyebutkan, masyarakat dapat mencatat jadwal dan lokasi Samsat Jempol yang dilaksanakan di Aceh Barat Bulan September 2023 dengan waktu 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Untuk hari Selasa dan Rabu tanggal 19-20 September 2023 bertempat di Xelo Coffee Jalan Singgah Mata Meulaboh Aceh Barat.

Dengan adanya program ini, lanjutnya, diharapkan seluruh warga khususnya di Aceh Barat tetap bisa melakukan pembayaran pajak tahunan dengan mudah.

Menurut Mardiansyah, membayar pajak merupakan kewajiban masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor. 

Untuk bisa menggunakan layanan Samsat Jempol ini, pemilik kendaraan cukup menyiapkan Persyaratan KTP, STNK dan Nota Pajak sebagai dokumen persyaratan.

Pada hari Kamis tanggal 21 September 2023 mendatang, layanan serupa akan berlangsung di Universitas Teuku Umar Aleu Peunyareng Meureubo Aceh Barat.

“Proses pelayanan cepat hanya dengan waktu di bawah lima menit, proses pelayanan pembayaran pajak Pelayanan yang di berikan yaitu pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan dan pengesahan STNK satu tahun,” kata Mardiansyah.

Pihaknya mengharapkan dengan adanya Samsat Jempol untuk mempermudah masyarakat membayar pajak, dan membangun kesadaran masyarakat Aceh Barat dalam kewajibannya membayar pajak.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023