Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) I dan II Gampong/desa Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar mengenakan pakaian adat Aceh dalam pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2017.

"Pakaian adat yang dipakai anggota KPPS di dua TPS tersebut merupakan kesepakatan bersama yang dilakukan sebelum hari pencoblosan," kata Ketua KPPS 2 Gampong Nusa, Hendra Marliza di Aceh Besar, Rabu.

Hendra Marliza menjelaskan penggunaan baju adat tersebut merupakan salah satu bagian untuk tampil beda dari daerah tempat lainnya dan bagian dari meningkatkan promosi gampong wisata.

"Ini juga bagian dari mempromosikan Nusa sebagai salah satu Gampong Wisata di Aceh," katanya.
 
Ia menyebutkan jumlah pemilih yang ada dalam daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 1 sebanyak 332 orang dan TPS 2 berjumlah 325 orang.

"Alhamdulillah partisipasi masyarakat untuk memberikan hak pilihnya cukup tinggi dan kami perkirakan jumlah pemilih yang telah memberikan hak suaranya mencapai 90 persen," katanya.

Data Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar menyebutkan daftar pemilih tetap di Kabupaten Aceh Besar mencakup 255.335 orang yang tersebar di 802 tempat pemungutan suara (TPS) dalam 23 kecamatan di kabupaten itu.

Ada pun rincian pemilih tetap bupati serta wakil bupati dan gubernur bersama wakil gubernur di Kabupaten Aceh Besar terdiri atas 126.693 pemilih laki-laki dan 128.642 pemilih perempuan.

Pemilihan bupati dan wakil bupati Aceh Besar digelar 15 Februari 2017. Pemilihan itu digelar serentak dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Aceh dan pemilihan 19 bupati dan wali kota dari 23 kabupaten juga kota di Provinsi Aceh.

Pilkada di Kabupaten Aceh Besar tersebut diikuti dua pasangan calon yakni pasangan nomor urut satu Mawardi Ali dan Husaini A Wahab serta pasangan nomor urut dua Saifuddin Yahya dan Juanda Djamal.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017