Bank Aceh Syariah (BAS) terus meningkatkan inklusi keuangan melalui program layanan keuangan tanpa kantor (Laku Pandai), salah satunya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memperbanyak agen ActionLink.

"ActionLink merupakan perluasan layanan Bank Aceh yang merupakan bagian dari program Laku Pandai," kata Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Aceh Ali Muhayatsyah, di Banda Aceh, Jumat.

Sebagai informasi, Laku Pandai merupakan layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif, yaitu program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Baca juga: Mudah, ini persyaratan menjadi agen ActionLink Bank Aceh

Ali menyampaikan, kebutuhan masyarakat Aceh terhadap transaksi keuangan terus meningkat, dan jarak mereka untuk ke Bank atau ATM sejauh ini masih menjadi faktor penghambat bertransaksi.
 


Untuk mengatasi masalah tersebut, Bank Aceh sejak Maret 2023 lalu telah meluncurkan ActionLink, dan menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak untuk menjadi agen nya, baik secara perorangan maupun perusahaan.

Kata dia, agen ActionLink menjadi perpanjangan tangan bank untuk menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat dalam rangka keuangan inklusif.

“Layanan ActionLink ini bertujuan memberikan kemudahan bagi seluruh nasabah dan masyarakat untuk mendapatkan layanan perbankan dengan mudah dan cepat,” ujarnya.

Ia menyebutkan, adapun layanan Bank Aceh melalui kerja sama dengan agen tersebut yakni untuk transaksi pembukaan rekening tabungan BSA (Basic Saving Account), transfer antar rekening maupun antar bank, tarik tunai, setor tunai, pembayaran tagihan listrik, pulsa, pembelian token listrik, pulsa serta pembelian lainnya.

“Syarat untuk menjadi agen ActionLink cukup mudah. Benefit yang diberikan juga memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat yang ingin menjadi agen,” demikian Ali Muhayatsyah.

Baca juga: Bank Aceh dukung program jaksa masuk dayah untuk edukasi keuangan

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023