Vima Syaddad Alfathan (Aceh Singkil) dan Raisya Almadea Irham (Aceh Barat Daya) dinobatkan sebagai Agam Inong Aceh 2023. 
 
"Kegiatan ini bukan hanya untuk ajang prestasi, tapi harus menjadi wadah para duta untuk mempromosikan potensi wisata sebagai salah satu program pemerintah," kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Safaruddin di Banda Aceh, Sabtu.
 
Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela penobatan agam inong atau duta wisata Aceh di Balee Meuseuraya Aceh (BMA), Banda Aceh.
 
Ia menjelaskan sektor pariwisata harus ditopang secara maksimal lewat mempromosikan seluruh potensi yang ada yakni kuliner, adat istiadat, kebudayaan dan destinasi wisata religi yang menjadi nilai-nilai kearifan Aceh yang perlu disampaikan kepada tingkat nasional dan dunia.
 
Ia menilai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh mampu membuat pesona pariwisata ‘Serambi Mekkah’ di tingkat nasional menghadirkan kebanggaan.
 
Wakil Ketua DPR Aceh berjanji juara pertama agam inong Aceh tahun 2023 mendapat tiket liburan gratis ke Singapura.
 
Ajang pemilihan duta wisata ini berlangsung sejak 26-29 September 2023. Dalam kurun waktu tersebut, ke-20 finalis agam inong Aceh 2023 menjalani karantina. Mereka diuji kemampuannya baik dari segi pariwisata, kebudayaan, bahasa, ekonomi dan wawasan daerah, hingga global.
 
Pada malam penobatan agam inong turut hadir Pj Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Ayu Marzuki dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Aceh Mellani Bustami turut hadir di BMA. 
 
Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal berharap para duta yang terpilih akan menjalankan tugas dengan maksimal dan menginspirasi banyak orang untuk mengeksplorasi keindahan pariwisata Aceh.
“Selamat kepada Agam Vima dari Aceh Singkil dan Inong Raisya dari Abdya yang terpilih sebagai duta wisata Aceh 2023. Semoga para duta wisata dapat menginspirasi dan menggerakkan orang-orang untuk menjelajahi Aceh ini dengan rasa ingin tahu dan kepedulian terhadap lingkungan, budaya dan kepariwisataan. Mari kita berkolaborasi," demikian Almuniza.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023