Satlantas Polres Aceh Barat Daya (Abdya) mengimbau seluruh pengendara becak motor (betor) di daerah itu agar mentaati aturan lalulintas untuk terciptanya kondisi lalu lintas yang tertib, aman dan lancar.

"Disamping imbauan, kami dari jajaran Satlantas Polres Abdya juga memberikan edukasi mengenai aturan serta kewajiban yang ditaati oleh semua pengendara kendaraan bermotor," kata Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha melalui Kasat Lantas AKP Tri Andi Dharma di Blangpidie, Kamis. 

Menurutnya sosialisasi dan edukasi mengenai aturan tertib lalulintas yang dilaksanakan di pusat Kota Blangpidie itu tujuannya untuk meningkatkan kesadaran pengendara betor dalam berlalu lintas dengan baik dan benar, agar terciptanya kondisi tertib, aman dan lancar.

"Sosialisasi dan edukasi ini sangat penting, tidak hanya bagi para pengendara betor, namun juga penting bagi seluruh warga Abdya," katanya.

Kampanye keselamatan lalulintas gencar dilakukan secara masif kepada masyarakat. Untuk kali ini sasaran pihak polisi merupakan pengendara betor yang ada di Kabupaten Abdya.

"Tertib berlalu lintas itu sangat penting untuk dilaksanakan. Kemudian kepada pengendara betor kami ingatkan agar tidak membawa penumpang maupun barang melebihi kapasitas yang ada, sebab akan berbahaya jika dilakukan," ujarnya.

Tertib berlalu lintas, kata dia, bisa sebut sebuah kebutuhan yang harus diupayakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga saat memarkir maupun menghentikan betor, harus dilakukan pada tempat yang aman dan tidak mengganggu arus lalulintas. 

"Gunakan helm dan lengkapi kelengkapan keselamatan pribadi dan kendaraan berupa SIM dan STNK serta tidak ugal-ugalan, menerobos lampu merah, lawan arah dan selalu mentaati aturan yang ada di jalan raya," ujarnya.

Ia berharap dengan mengampanyekan keselamatan berlalu lintas tersebut secara tidak langsung sudah dapat mengurangi angka kecelakaan lalulintas di jalan, dan mengurangi jatuhnya korban jiwa dan kerugian lainnya.
 

Pewarta: Suprian

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023