Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar menargetkan luas tanam tanaman padi pada musim tanam (MT) rendeng tahun 2023 di daerah itu seluas 25.367 hektare yang tersebar di 23 kecamatan dalam kabupaten itu.

“Pada musim tanam utama atau rendeng ini penanamannya sudah dimulai sejak awal Oktober dan angka tersebut akan tercapai,” kata Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Besar Jakfar di Lambaro, Selasa.

Ia menjelaskan pihaknya terus melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan produksi hasil pertanian di daerah itu dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan dan menyejahterakan petani.

“Kita targetkan rata-rata produksi hasil panen milik petani delapan ton per hektare pada musim tanam rendeng. Saat ini kita juga sedang merekap daerah-daerah yang telah melakukan penanaman,” katanya.

Baca juga: Gajah liar rusak tanaman padi, petani Aceh Jaya terancam gagal panen

Ia menyebutkan pada tahun 2023 pihaknya menargetkan luas tanam seluruhnya di Kabupaten Aceh Besar yakni dengan total luas 37.930 hektare terdiri dari tanam gadu seluas 12.563 hektare dan rendeng 25.367 hektare.

Jakfar yang turut didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Agus Rizal menyebutkan luas lahan baku sawah di Kabupaten Aceh Besar seluas 25.692 terdiri dari sawah tadah hujan 8.770 hektare dan irigasi 16.904 hektare.

Ia menambahkan untuk menggenjot produksi, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pertanian daerah setempat juga meningkatkan indeks pertanaman (IP) pada lahan padi seluas 800 hektare dalam upaya meningkatkan produksi padi pada tahun 2023.

Baca juga: Pemkab Pidie optimis bisa produksi 170 ribu ton padi di musim rendengan

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023