Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Jaya memberikan pemahaman tentang kepemiluan kepada pada siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Calang, Aceh Jaya.

"Tujuan kita mendatangi SLBN Calang untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait Pemilu selaku mereka menjadi pemilih pemula," kata Ketua Panwaslih Aceh Jaya Muhammad Afzal di Aceh Jaya, Rabu.

Afzal menyampaikan, dalam  edukasi dan sosialisasi bertajuk 'Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan kepada Disabilitas' itu menghadirkan akademisi Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh Harri Santoso.

Pemahaman diberikan kepada 20 siswa-siswi difabel yang sudah memiliki hak pilih pada saat pelaksanaan Pemilu 2024 nanti, serta untuk para guru pendamping di SLBN Calang tersebut.

"Mereka juga punya hak yang sama dengan warga negara lainnya dalam pemilu, dan mereka juga punya peran menentukan nasibnya dan bangsa ini," ujar Afzal.

Sementara itu, Kepala Sekolah SLB N Calang, Nur Aisah Nasution mengapresiasi perhatian Panwaslih Aceh Jaya dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepemiluan kepada pelajar di sekolah mereka.

Dirinya juga berterima kasih kepada Panwaslih Aceh Jaya yang sudah benar-benar memperhatikan anak-anak istimewa itu. Diharapkan, mereka yang berkebutuhan khusus tidak dipandang sebelah mata.

"Karena mereka (anak difabel) juga perlu dilibatkan dan diberikan peran dalam kegiatan di tengah masyarakat," demikian Nur Aisah.
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023