Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh Prof Farid Wajdy Ibrahim menyatakan kesungguhan akan mewujudkan keberhasilan, kesuksesan dan kejayaan.

"95 persen keberhasilan, kesukseskan, kemuliaan, kejayaan ditentukan oleh kesungguhan," katanya di sela-sela melepas wisudawan dan wisudawati program doktor, magister, sarjana dan ahli madya UIN Ar-Raniry di Auditorium Ali Hasyimi, Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan kesungguhan merupakan sebuah modal yang sangat penting yang perlu ditanamkan dalam setiap lulusan dari berbagai disiplin ilmu, sebab nilai koognitif seperti ijazah hanya lima persen.

"Mahasiswa harus punya keinginan yang tangguh sehingga berbagai cita-cita dan keinginan untuk sukses akan terwujud," katanya.

Ia juga mengatakan para lulusan dari perguruan tinggi Agama Islam Negeri tersebut akan mendapat tantangan yang sesuangguhnya saat terjun ke masyarakat.

"Tugas para wisudawan dan wisudawati setelah terjun ke masyarakat nanti sangat besar yaitu bagaimana mempengaruhi orang lain menuju kebaikan. Sarjana itu seperti air bersih yang harus mempengaruhi orang lain menuju kepada kebaikan, seperti untuk hadir ke mesjid dan sebagainya," katanya.

UIN Ar-Raniry melepas sebanyak 21 lulusan program Doktor, 122 lulusan program Magister, 705 Sarjana dari berbagai Fakultas, 37 Ahli Madya (D-3) Perbankan Syari"ah dan 11 orang lulusan program D-3 Ilmu Perpustakaan.

Wakil Rektor UIN Ar-Raniry bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr Muhibuthabry mengatakan UIN Ar-Raniry telah menghasilkan 66 orang Doktor Agama Islam (S-3), 1.284 orang Magister Agama Islam (S-2), 26.275 Sarjana, 632 orang Ahli Madya (D-3) dalam bidang Ilmu Perbankan Syari"ah, 734 orang Ahli Madya Ilmu Perpustakaan, dan 2.377 orang Ahli Muda Diploma Dua Prodi GPAI dan PGMI.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017