Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Aceh Zalsufran menyatakan bahwa Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Besar ke depannya bakal menjadi pilot proyek pengembangan sapi Aceh.

"Ke depan Aceh Jaya dan Aceh Besar akan menjadi pilot proyect pengembangan sapi Aceh," kata Zalsufran di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Zalsufran dalam rapat koordinasi peningkatan produksi dan pemanfaatan sapi Aceh, serta inisiasi dan pembentukan asosiasi sapi Aceh, di Banda Aceh.

Dalam proses pengembangan nantinya, kata dia, pihaknya bakal menjalin kerjasama dengan Kementerian Pertanian RI dan Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) dan Hijauan Pakan Ternak Indrapuri untuk menyediakan pejantan sapi, dan dikembangkan di sana.

Dirinya menuturkan, Aceh Jaya dan Aceh Besar bisa menjadi masterplan pengembangan sapi Aceh yang selama ini hanya di BPTU selaku pemilik pembibitan sapi Aceh.

"Kita juga berharap di Aceh Jaya nantinya, tidak harus di Pulo Raya, tetapi pembibitan nya juga bisa di daratan," ujarnya.

Zalsufran menambahkan, pada dasarnya secara pembibitan sapi Aceh sudah tersedia, hanya saja yang menjadi kendala sekarang adalah pola peternakan yang masih tradisional atau dengan cara dilepasliarkan.

"Maka dari itu dirinya ke depan akan mendorong peternakan sapi Aceh yang sebelumnya dikembangkan secara tradisional agar lebih modern," demikian Zalsufran.
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023