Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Aceh Besar melalaui Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi (PLUT) UMKM daerah itu memberikan pelatihan keuangan secara gratis kepada pelaku usaha.
 
“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman para pelaku usaha tentang pencatatan dan laporan keuangan yang baik,” kata kata Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Aceh Besar Trizna Dharma di Lambaro, Jumat.
 
Ia menjelaskan lewat pelatihan tersebut para peserta nantinya dapat menyusun laporan yang baik dan benar sesuai dengan standar akuntansi.
Ia menyebutkan pelatihan keuangan dan manajemen usaha yang diberikan secara cuma tersebut diikuti sebanyak 20 pelaku usaha yang didominasi kaum ibu-ibu.
 
Kepala Bidang Koperasi dan UMKM pada Diskop UKM dan Perdagangan Aceh Besar Zahri menambahkan kegiatan tersebut rutin digelar setiap bulan di kantor PLUT Aceh Besar dengan menghadirkan narasumber yang mumpuni di bidang tersebut.
 
Ia mengatakan narasumber yang hadir pada coaching clinic tersebut yakni konsultan keuangan dan manajemen usaha Ibnu Fajar.
 
Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan rutin tersebut para pelaku UMKM di Kabupaten Aceh Besar dapat memanfaatkan kesempatan itu guna mematangkan penyusunan laporan keuangan.
 
“Lewat penyusunan keuangan yang baik ini para pelaku usaha dapat menjalankan usahanya dengan baik karena berbagai transaksi keuangan tercatat dengan rapi dan ini juga dapat menjadi langkah pengembangan usaha ke depannya,” katanya.
 
Ia menyebutkan saat ini di Kabupaten Aceh Besar memiliki lebih dari 13 ribu lebih usaha UMKM yang bergerak diberbagai sektor usaha.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023