Pemerintah Kabupaten Pidie melaksanakan khanduri laot (kenduri laut) sebagai bentuk tanda kasih sayang terhadap alam di Pantai Pelangi, Kota Sigli.

“Khanduri laot merupakan salah satu hubungan manusia dengan alam, yaitu hubungan kasih sayang kita terhadap alam,” kata Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto di Pidie, Rabu. 

Wahyudi mengatakan, kenduri tersebut juga sebagai bentuk penerapan kehidupan, di antaranya hubungan manusia dengan tuhan, dan hubungan sesama manusia. 

Wahyudi menuturkan, kenduri laut juga sebagai salah satu adat istiadat Aceh yang bisa diajarkan ke daerah-daerah lain untuk mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan dari hasil yang diperoleh dari melaut.

"Sehingga, dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari para nelayan," ujar Wahyudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pidie Safrizal menyampaikan kenduri laut juga untuk menjaga dan mempertahankan nilai-nilai tradisi, budaya yang sudah turun-temurun di Aceh.

“Melalui kegiatan ini juga kita bisa berikhtiar melalui zikir dan doa agar senantiasa diberikan ridha, kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan berupa rezeki dari hasil laut kita yang berlimpah ini,” demikian Safrizal. 
 

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023