Akademisi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh Magfirah Murni Bintang Permata berharap event besar Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8 2023 juga bisa dijadikan ajang untuk penggalangan dana bantuan kemanusiaan terhadap Palestina.

"Mulai 4 sampai 12 November 2023 masyarakat Aceh akan menyambut acara besar yaitu PKA. Event kebudayaan ini bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan dana membantu saudara di Palestina," kata Magfhirah Murni Bintang Permata, di Banda Aceh, Jumat.

Magfhirah mengakui, sebagai seorang akademisi pihaknya masih terbilang lamban dalam menanggapi isu terhadap Palestina yang sudah berjalan beberapa waktu belakangan ini, tetapi belum ada kata terlambat.

Baca juga: Peduli Palestina, Ribuan warga Aceh gelar doabersama di Masjid Raya Baiturrahman

Dukungan terhadap Palestina, kata dia, setidaknya bisa dilakukan melalui kegiatan pentas atau giat kebudayaan. Masyarakat bisa mengambil kesempatan dalam setiap event pertunjukan, seperti adanya penggalangan dana secara spontan disela sela-sela moment tertentu.

"Meskipun pertunjukan kebudayaan itu bukan lah konser yang dikhususkan untuk penggalangan dana," ujarnya.


Dirinya menyampaikan, PKA merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menggalakkan dan menjaga kebudayaan Aceh, kegiatan itu sudah diagendakan sejak lama.

Ia menuturkan, masyarakat Aceh memiliki pemahaman, nilai dan rasa kebudayaan yang sangat kental. Meski demikian, agama tetap lah yang paling diutamakan.

"Bahkan, ajaran agama islam sendiri menjadi bagian budaya dalam kehidupan masyarakat Aceh. Salah satunya adalah saling tolong menolong, terkhususnya sesama umat nabi Muhammad SAW," katanya.

Dalam momen PKA, tambah Magfhirah, baik yang sudah terpikirkan oleh panitia atau belum. Harapannya  kegiatan empat tahunan tersebut juga diselipkan penggalangan dana untuk Palestina setiap harinya, baik diumumkan secara langsung, maupun melalui pos-pos tertentu.

Langkah itu dinilai penting karena kunjungan ke PKA sangat ramai, karena dihadiri oleh seluruh masyarakat dari 23 kabupaten/kota se Aceh.

"Maka, momen pertunjukan dan giat budaya seperti ini menjadi salah satu bantuan dan kemudahan untuk mengumpulkan orang banyak dan menjadi peluang serta kesempatan kita bisa berdonasi secara cepat untuk saudara muslim Palestina," demikian Magfhirah.

Untuk diketahui, Pemerintah Aceh kembali melaksanakan kegiatan empat tahunan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII pada 4 sampai 12 November 2023, terpusat di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh.

PKA tahun ini pemerintah mengangkat tema "Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia”. Dalam kegiatan budaya itu, semua kabupaten/kota di Aceh ikut menampilkan kebudayaan daerah sendiri melalui anjungan masing-masing.

Baca juga: Lanud SIM siap dukung transit pesawat TNI AU bawa bantuan Palestina

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023