Personel Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Barat memberikan tindakan langsung terhadap puluhan pengendara sepeda motor, dalam razia yang dilancarkan di sejumlah ruas jalan di Meulaboh, ibu kota kabupaten setempat.

“Ada sekitar 21 pengendara yang kita tindak langsung, kesalahannya kebanyakan tidak memakai helm dan tidak mematuhi rambu lalu lintas,” kata Kasat Lantas Polres Aceh Barat, Iptu Mardiansyah di Meulaboh, Rabu.

Selain melakukan tindakan langsung, polisi juga turut memberikan teguran terhadap 35 pengendara kendaraan bermotor, yang kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas saat berkendara di jalan raya.

Baca juga: Polda Aceh maksimalkan kamera ETLE untuk penegakan hukum lalu lintas

Iptu Mardiansyah mengatakan, penindakan yang dilakukan terhadap pengendara kendaraan bermotor tersebut dilakukan ketiga pihaknya melakukan Patroli Hunting System.

Hunting ini, kata dia, bertujuan untuk menekan dan mengantisipasi kecelakaan yang diawali pelanggaran lalu lintas.

“Patroli ini dilaksanakan dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua,” kata Mardiansyah menambahkan.

Ada pun sasaran razia yaitu daerah yang rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran lalu lintas.

Dalam melaksanakan patroli sistem hunting tersebut, personel Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Barat juga turut mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan pelanggaran, dan mencegah tindak pidana lainnya seperti membawa narkoba serta barang-barang terlarang.

“Kegiatan ini dilakukan untuk keamanan dan ketertiban lalu lintas, serta menurunnya angka kecelakaan di Kabupaten Aceh Barat,” demikian Iptu Mardiansyah.

Baca juga: Satlantas Polres Aceh Barat sosialisasi penerapan tilang cara manual

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023