Kontingen Kota Sabang ikut andil dalam perlombaan kuliner kreasi Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, dengan mengandalkan masakan kuliner khas Pulau Weh itu yang penuh dengan rempah.

Ketua III Tim Penggerak PKK Kota Sabang Zikri Hayati di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan dalam perlombaan itu, Tim Penggerak PKK Kota Sabang menyajikan dua menu utama yakni Sie Kari Bak Eumpeuk dan Eungkot Geurapee Peuaweuh Bungong Kala.

“Jadi dua macam menu utama Sie Kari Bak Empeuk dan Eungkot Geurapee Peuaweuh Bungong Kala ini memang kuliner ciri khas Sabang,” ujar Zikri Hayati.

Baca juga: Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banda Aceh menyusuri sejarah Sabang di PKA 8

Ia menjelaskan bahan-bahan masakan dua kuliner itu memang banyak didapatkan di Sabang. Tentunya seperti bahan utama sie (daging sapi), bak eumpeuk (keladi), eungkot geurapee (ikan kerapu), bungong kala (bunga kala) serta berbagai rempah lainnya.

Tim PKK Kota Sabang pihaknya memang sengaja memilih dua menu utama tersebut dalam lomba kuliner kreasi, sebagai ajang kampanye agar terus terlestarikan di tengah generasi-generasi muda Sabang dan Aceh secara keseluruhan.

Apalagi, lanjut dia, pengaruh besar dari makanan cepat saji (junk food) saat ini yang sangat mudah ditemukan membuat kuliner tradisional semakin tergerus, sehingga anak-anak Aceh banyak meninggalkan kuliner tradisional khas Tanah Rencong.

“Jadi kalau kita tidak lestarikan masakan ini untuk generasi kita maka akan hilang, sehingga anak-anak Aceh nanti tidak kenal lagi dengan masakan ini,” ujarnya.
 
Tim Penggerak PKK Kota Sabang mewakili Kontingen Kota Sabang saat mengikuti lomba kuliner kreasi di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Sabtu (11/11/2023). (ANTARA/Khalis Surry)


Selain dua masakan utama, kata Zikri Hayati, Kontingen Kota Sabang juga menyuguhkan kudapan seperti timphan bercampur rempah, salak pliek ue yang berasal dari Salak varietas asli Sabang, serta puding coklat Alphukat yang juga berasal dari Alphukat varietas Sabang.

“Acara PKA yang digelar empat tahunan ini memang bagus sekali untuk melestarikan kebudayaan di Aceh, mulai dari kuliner, kesenian, permainan tradisional, serta tradisi dan budaya lainnya yang ada di Aceh,” ujarnya.

Adapun resep untuk membuat Sie Kari Bank Eumpeuk di antaranya bahan utama seperti daging sapi dan bak eumpeuk. Kemudian bumbu yang dihaluskan meliputi bahan-bahan seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, kelapa gongseng, ketumbar gongseng, ketumbar mentah, lada bubuk, jintan manis dan asam jawa.

Sedangkan untuk bahan-bahan pelengkap lainnya seperti serai, daun teumurui, kapulaga, lawang kleng dan kayu manis.

Sementara untuk resep untuk membuat Eungkot Geurapee Peuaweuh Bungong Kala dibutuhkan bahan utama ikan kerapu, bunga kala, dan jeruk nipis. 

Dengan bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, jahe, kunyit, ketumbar gongseng, ketumbar mentah, sarai, daun teumurui, kelapa gongseng, cabai kering, merica dan santan.

Baca juga: Cemilan 'Harta Karun' di The Golden Island Sabang

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023