Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh dan jajaran siap menyukseskan program nasional penanaman 10 juta pohon untuk mewujudkan penghijauan dan kelestarian lingkungan di provinsi ujung barat Indonesia.

"Program penanaman 10 juta pohon ini merupakan wujud kepedulian Polri dalam hal ini Polda Aceh terhadap penghijauan dan kelestarian lingkungan," kata Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan Achmad Kartiko ketika mengikuti program penanaman 10 juta pohon serentak di Indonesia secara virtual di halaman Gedung Wali Nanggroe, Kabupaten Aceh Besar.

Baca juga: Kapolda Aceh serahkan rumah untuk warga Aceh Timur

Selain Kapolda, penanaman 10 juta pohon tersebut juga diikuti Wakapolda Aceh Brigjen Pol Armia Fahmi, para pejabat utama Polda Aceh, perwakilan Kodam Iskandar Muda, dan lainnya.

Jenderal polisi bintang dua itu mengatakan program penanaman 10 juta pohon yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia merupakan wujud kepedulian Polri, khususnya Polda Aceh, terhadap penghijauan dan kelestarian lingkungan.

"Kami berharap program penanaman pohon ini berdampak positif terhadap kelestarian lingkungan di Provinsi Aceh. Penanaman pohon ini juga upaya mewujudkan penghijauan guna mengantisipasi perubahan iklim," katanya.

Kapolda menambahkan program penanaman 10 juta pohon tersebut juga sebagai upaya menghidupkan lahan-lahan kosong. Lahan-lahan kosong tersebut ditanami tanaman yang memiliki nilai ekonomis, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

"Program penanaman 10 juta pohon ini menjadi langkah awal penghijauan dan kelestarian lingkungan. Tentu, manfaat yang dirasakan bukan sekarang, tetapi di masa depan," kata Achmad Kartiko.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023