Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Bupati Aceh Tengah Nasaruddin menyatakan tenaga  perawat di lingkungan Pemkab setempat harus responsif dalam menangani berbagai  kondisi terkini yang terjadi.

"Sikap responsif yang dilakukan itu salah satunya dengan meningkatkan kapasitas pribadi dan kemampuan untuk melayani masyarakat lebih baik lagi," kata Nasaruddin di Aceh Tengah, Senin.

Ia menjelaskan tantangan dalam dunia medis semakin hari semakin meningkat, sehingga tenaga perawat juga harus responsif dan adaptif dengan menunjukkan dedikasi serta profesionalitas dalam bekerja.

Ia juga mengatakan peran organisasi PPNI sangat penting dalam memberikan pemahaman, baik melalui pendidikan dan pelatihan maupun pertemuan ilmiah lainnya yang bertujuan meningkatkan kapasitas perawat agar responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

"Penanganan yang cepat, tepat, ramah dan penuh semangat melayani merupakan tuntutan dan sangat dibutuhkan oleh pasien atau masyarakat," katanya.

Ketua PPNI Aceh Tengah, Winarno menyebutkan saat ini jumlah tenaga perawat kesehatan di Aceh Tengah mencapai 525 orang dan dari jumlah tersebut baru 324 orang yang teregistrasi menjadi anggota PPNI.

"Kami terus berupaya agar seluruh tenaga perawat dapat teregistrasi menjadi anggota PPNI sebagai aspek legal dalam menerapkan asuhan keperawatan," katanya.

Pelaksanaan seminar yang dirangkai dengan workshopÿberlangsung sehari diikuti 210 tenaga keperawatan dan turut menjadi narasumber Ketua PPNI Aceh.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017